Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Dengan Penggunaan Kartu Akrostik Murid Kelas IV SD Negeri 30 Sumpang Bita Kabupaten Pangkep

Authors

  • Puspawati Hera Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Andi Sukri Syamsuri Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Aco Karumpa Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.58738/jkp.v1i3.197

Keywords:

Keterampilan, Menulis Puisi, Kartu Akrostik

Abstract

Masalah dalam penelitian ini yaitu kurangnya motivasi murid mengikuti pembelajaran menulis puisi, penggunaan teknik pembelajaran yang kurang bervariasi, murid kurang fokus terhadap pembelajaran menulis puisi, dan hasil belajar yang diperoleh murid rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis puisi melalui penggunaan kartu akrostik pada murid kelas IV SD Negeri 30 Sumpang Bita Kabupaten Pangkep. Penelitian yang dilaksanakan merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini  dilakukan dalam dua siklus yang mencakup empat kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah murid kelas V SD Negeri 30 Sumpang Bita Kabupaten Pangkep sebanyak 10 murid yang terdiri atas 4 orang laki-laki dan 6 orang perempuan. Teknik pengumpulan data adalah observasi, tes (evaluasi), dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitain menunjukan bahwa keterampilan menulis puisi bahasa Indonesia dengan menerapkan  kartu akrostik pada murid kelas I SD Negeri 30 Sumpang Bita Kabupaten Pangkep meningkat pada setiap siklus. Siklus I nilai rata-rata murid adalah 58 dan menjadi 93 pada siklus II. Ketuntasan belajar keterampilan menulis puisi murid kelas I SD Negeri 30 Sumpang Bita Kabupaten Pangkep juga mengalami peningkatan. Pada siklus I, dari 4 (40%) murid mencapai ketuntasan belajar, sedangkan pada siklus II sebanyak 10 (100%) murid mencapai ketuntasan belajar dan ketuntasan belajar klasikal tercapai. Penerapan kartu akrostik juga dapat melibatkan murid secara lebih aktif  dalam proses pembelajaran. Hal ini ditunjukkan dari peningkatan aktivitas dari siklus I ke siklus II.  Hasil analisis tersebut disimpulkan bahwa keterampilan menulis puisi pada murid kelas IV SD Negeri 30 Sumpang Bita Kabupaten Pangkep dapat ditingkatkan melalui penerapan kartu akrostik.

References

Ahmad 2016. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Jakarta: Reality Publisher.

Akhadiah, S. 2017. Menulis I. Jakarta: Universitas Terbuka.

Ardiana. 2019. Pengantar Apresiasi Puisi. Bandung : Angkasa.

Arikunto, Suharsimi. 2017. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Badrun, Ahmad. 2018. Teori Puisi. Jakarta: Depdikbud.

Cahyani. 2018. Analisis Sajak : Teori, Metodologi dan Aplikasi. Bandung : Angkasa.

Darmiyati Zuhdi. 2012. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Malang: Universitas Negeri Malang.

Indihadi. 2020. Teori dan Apresiasi Puisi. Jakarta : Gramedia.

Jabrohim. 2018. Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: Hanindita Graha Widya.

Junaidi, Mustopa. 2020. Pembelajaran Bahasa Indonesia SD/MI. Banten: Media Madani.

Nuqus. 2020. Terampil Menulis Tips dan Trik Menulis Laporan, Opini, Cerpen, Puisi, Pantun. Yogyakarta: Morfalingua.

Nurdin. 2017. Dasar-Dasar Penulisan. Malang: UMM Press.

Nurgiyantoro, Burhan. 2017. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: FKIP Universitas Sarjanawiyata Tamanmurid.

Nurman. 2019. Tutor Teman Sebaya. Jakarta: Gramedia

Pradopo, Rachmat Djoko. 2018. Beberapa Teori Sastra. Teori Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rahim. 2019. Apresiasi Sastra Indonesia. Jakarta : Erlangga.

Rahmanto, B. 2018. Metode Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Kanisius

Resmini. 2018. Membaca dan Menulis di SD: Teori dan Pengajarannya. Bandung: UPI Press.

Roekhan. 2019. Studi dan Pengkajian Sastra. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sayuti. S. 2019. Teks Sastra. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Siti, Masrohah. 2019. Peningkatan Keterampilan menulis puisi Dengan Kartu akrostik Murid Kelas IVIII Madrasah Tsanauwiyah (MTS) Mathla’ul Anwar Kota Malang. Skripsi Universitas Negeri Malang.

Situmorang. 2016. Puisi dan Metodologi Pengajarannya. Ende Flores NTT: Nusa Indah.

Suriamiharja Agus, H. Akhlah Husen, & Nunuy Nurjanah. 2018. Petunjuk Praktis Menulis. Jakarta : Bumi Aksara.

Solahuddin. 2018. Teknik menulis Puisi “Panduan menulis Puisi untuk Murid, Mahamurid, Guru dan Dosen”. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sujoko. 2018. Manajemen Bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Suparno dan M. Yunus. 2017. Keterampilan Dasar menulis. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Tarigan, Henry Guntur. 2018. Keterampilan Menulis. Bandung: PT Aksara.

Waluyo, Herman J. 2017. Apresiasi Puisi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Wiyatmi. 2018. Kritik Sastra Feminis: Teori dan Aplikasinya dalam Sastra Indonesia. Yogyakarta: Penerbit Ombak

Downloads

Published

31-05-2023