Penerapan Metode Kumon Dalam Meningkatkan Kemapuan Menulis Deskripsi Siswa Kelas IV SD Inpres Panaikang Kabupaten Gowa

Authors

  • Nurnani Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Syahruddin Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Rahmatiah Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.58738/jkp.v1i3.230

Keywords:

Keterampilan Menulis, Deskripsi, Metode Kumon

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis deskripsi melalui metode kumon  pada siswa kelas IV SD Inpres Panaikang Kabupaten Gowa. Masalah utama dalam penelitian ini adalah pembelajaran bahasa Indonesia khususnya pada materi menulis deskripsi masih sangat rendah.  Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Class Action Reaserch) yang terdiri dari dua siklus yakni setiap siklus dilaksanakan sebanyak empat kali pertemuan. Fokus penelitian ini adalah 1) Keterampilan menulis karangan deskripsi dan  2) Penggunaan metode kumon  di kelas IV SD Inpres Panaikang Kabupaten Gowa. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 21 orang siswa. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini yaitu terjadinya peningkatan pada perolehan rata-rata skor hasil belajar siswa pada siklus I 56,7. Pada siklus II, rata-rata skor hasil belajar siswa mengalami peningkatan menjadi 85,7 berada pada kategori tinggi. Ketuntasan belajar menulis karangan siswa kelas IV SD Inpres Panaikang Kabupaten Gowa juga mengalami peningkatan. Pada siklus I, dari 4 (19%) siswa mencapai ketuntasan belajar, sedangkan pada siklus II sebanyak 19 (90,5%) siswa mencapai ketuntasan belajar dan ketuntasan belajar klasikal tercapai. Terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa melalui metode kumon yang ditandai dengan meningkatnya keaktifan belajar siswa dimana pada siklus I dengan rata-rata 50,5 dengan kategori kurang dan meningkat pada siklus II dengan rata-rata 72 dengan kategori baik. Hal ini berarti ketuntasan belajar pada siklus II tercapai secara klasikal karena jumlah siswa yang tuntas lebih dari 80%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diatas, dapat disimpulkan keterampilan menulis karangan deskripsi kelas IV SD Inpres Panaikang Kabupaten Gowa melalui penerapan metode kumon  mengalami peningkatan.

References

Ahmad 2016. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Jakarta: Reality Publisher.

Agus Suriamiharja, dkk. 2016. Petunjuk Praktis Menulis. Jakarta: Erlangga.

Akhadiah dkk. 2018. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta:

Erlangga

Awasilah, A. Chaedar, Senny Suzana Alwasilah. 2019. Pokonya Menulis. Bandung: PT Kiblat Buku Utama.

Apriana, D. 2014. Implementasi Metode Kumon dalam Pelajaran Matematika pada Kelas Rendah di SDN 2 Sukamulia. Jurnal Educatio, 9(1), 71-98.

Arikunto, Suharsimi. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Azlia Latae, Sahruddin Barasandji, Muhsin. 2020. Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan Siswa Melalui Metode SAS Siswa Kelas 1 SDN Tondo Kecamatan Bungku Barat Kabupaten Morowali. Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 2 No. 4 ISSN 2354-614X.

Cahyaningrum. Rahmawati, Fitri Puji, Magrifiani Utami, dan Malika Dian Ayu Noviati. 2018. Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Berkarakter, Aktif, dan Menyenangkan Di SD Muhammadiyah 10 Surakarta. Jurnal Profesi Pendidikan Dasar. Vol. 1, No. 1, 71-77.

Darmadi. 2021. Meningkatkan Kemampuan Menulis. Yogyakarta: Andi Offset.

Djoko Widagdho. 2019. Bahasa Indonesia. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Karwono, Heni Mularsih. 2019. Belajar dann Pembelajaran Serta Pemanfaatan Sumber Belajar. Depok: PT Rajagrafindo Persada

Kemendikbud. 2017. Peraturan Menteri Pendidikan Nomor 22 Tahun 2017 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah.

Kristianto. 2018. Metodologi Penelitian Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah. Yogyakarta: Deepublish.

Mudrajad Kuncoro. 2019. Mahir Menulis. Jakarta: Gelora Aksara Pratama.

Mudyahardjo, Radja. 2017. Pengantar Pendidikan, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Nila Martha Yehonala Situmorang. 2018. Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa melalui Teknik Guiding Questions. Journal of Education Action Research

Volume 2, Number 2 Tahun 2018, pp. 165-171 P-ISSN: 2580-4790 E-ISSN:

-3272 Open Access:

https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEAR/index

Nurdin. 2017. Dasar-Dasar Penulisan. Malang: UMM Press.

Nurgiyantoro, Burhan. 2017. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: FKIP Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.

Resmini Novi. 2020. Pembinaan dan Pengembangan Pembelajaran Bahasa dan Cerita Indonesia. Bandung: UPI Press.

Ridha, A., dkk. 2020. Efektivitas Media Komik pada Pengetahuan dan Sikap

Mengenai Cuci Tangan pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal LINK, 12 (1), 1-

Rini Kristiatari. 2018. Pembelajaran Menulis di Sekolah Dasar: Menulis Deskripsi dan Narasi. Surabaya: Media Ilmu.

Riyanto. 2020. Media Pengajaran. Jakarta. Depdikbud.

Sabarti, Akhadiyat. 2019. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Pradnya Paramita.

Salam M Semi. 2018. Menulis Efektif. Padang: Angkasa Raya.

Slamet. 2018. Dasar-Dasar Keterampilan Menulis. Jakarta: Rosdakarya.

Subali Bambang dan Paidi. 2016. Penilaian Pencapaian Hasil Belajar Biologi, Universitas Negeri Yogyakarta.

Sumirat Astuti, Yanuarita W. Dan Ali Mustadi. 2020. Pengaruh Ppengunaan Film Animasi Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas IV SD. Jurnal Prima Edukasia 2(2): 250-262.

Tarigan, Henry Guntur. 2018. Menulis Sebagai Sesuatu Keterampilan Bahasa. Bandung: Angkasa Bandung.

Wiyanto. 2020. Panduan Karya Tulis Guru. Jakarta: Grasindo

Zainurrahman. 2018. Menulis: Dari Teori Hingga Praktik (Penawar Racun Plagiarisme). Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

31-05-2023