Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Ekspositori Dan Media 3 Dimensi Pada Materi Bangun Ruang Di Kelas V SDN 3 Tinambung Kabupaten Majene

Authors

  • Aldi Indrawan Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Sukmawati Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Ma'rup Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.58738/jkp.v1i3.229

Keywords:

Hasil Belajar Matematika, Metode Pembelajaran Ekspositori,, Media 3 Dimensi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode ekspositori dan media 3 dimensi pada materi bangun ruang di kelas V SDN 3 Tinambung Kabupaten Majene. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindak Kelas (PTK). Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SDN 3 Tinambung Kecamatan Pamboang Kabupaten Majene. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas V SDN 3 Tinambung Kabupaten Majene dengan jumlah siswa 25 orang tahun pelajaran 2022/2023. Faktor yang akan diselidiki yaitu: (1) faktor proses. Faktor yang diamati adalah aktivitas guru dan aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika tentang bangun ruang dengan menggunakan metode ekspositori dan media 3 dimensi. (2) faktor hasil belajar. Faktor hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika tentang bangun ruang dengan menggunakan metode ekspositori dan media pembelajaran 3 dimensi. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Data yang sudah diperoleh dari hasil penelitian dianalisis secara statistik deskriptif digunakan untuk mendiskripsikan hasil belajar siswa pada materi bangun ruang dengan menggunakan metode ekspositori dan media 3 dimensi.  Hasil yang dicapai dalam penelitian ini yaitu yaitu: (1) Terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa dan aktivitas guru pada setiap siklus. (2) Pada siklus pertama diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas V SDN 3 Tinambung Kabupaten Majene yaitu 63 sedangkan pada siklus kedua diperoleh nilai rata-rata hasil belajar lebih tinggi yang mencapai 90. Ketuntasan belajar matematika pada materi pengolahan data siswa kelas V SDN 3 Tinambung Kabupaten Majene juga mengalami peningkatan. Pada siklus I, dari 11 (44%) siswa mencapai ketuntasan belajar, sedangkan pada siklus II sebanyak 22 (88%) siswa mencapai ketuntasan belajar dan ketuntasan belajar klasikal tercapai. Hal ini berarti ketuntasan belajar pada siklus II tercapai secara klasikal karena jumlah siswa yang tuntas mencapai 80%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diatas, dapat disimpulkan hasil belajar matematika melalui metode ekspositori dan media 3 dimensi pada materi bangun ruang di kelas V SDN 3 Tinambung Kabupaten Majene mengalami peningkatan.

References

Abdul Halim, Hasbiyalloh, A. S., Harjono, A., & Verawati, N. N. S. P. 2002. Pengaruh Model Pembelajaran Ekspositori Berbantuan Scaffolding Dan Advance Organizer Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 3(2), 173–180. https://doi.org/10.29303/jpft.v3i2.397.

Abdul, Majid. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Anggoro, Yoyok Febri. 2019. Penggunaan Media Tiga Dimensi Dalam Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV Materi Bangun Ruang. FKIP Journal Systems. 1 (1), hlm. 1-4.

Arif S. Sadiman, dkk. 1999. Media Pendidikan, pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali.

Arsana. 2020. Pengaruh Metode Ekspositori Yang Dikombinasikan Dengan Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar IPA : Jurnal Mimbar.

Arsyad, Azhar. 2019. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press

Depdiknas. 2019. Permendiknas No 22 Tahun 2019 Tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2020. Psikologi Belajar. Cet I. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Elfira, Dirman, Cicih Juarsin. 2019. Penelian Dan Evaluasi. Jakarta: Rineka Cipta

Fatimah. 2020. Fun Math Matematika Asyik Dengan Metode Pemodelan. Bandung: DAR Mizan

Haniyah N dan Jauhar, M. 2020. Strategi Belajar Mengajar di Kelas. Jakarta : Prestasi Pustaka Publisher

Hudoyo, Herman. 2019. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: Universitas Negeri Malang

Indriyani Nia. 2019. Pengaruh Metode Ekspositori yang Dikombinasikan Dengan Mind Mapping Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif Pada Mata Pelajaran Ipa. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Raden Intan Saleh: Lampung.

Karso. 2017. Pendidikan Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka

Kosasih, E. 2020. Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya

Kunandar. 2020. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembanngan Profesi Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Nasution, Andi Hakim. 1980. Landasan Matematika. Jakarta: Bharatara Karya Aksara.

Offirston, Topik. 2020. Aktivitas Belajar Matematika Melalui Inkuiri Berbantuan Software Cinderella. Jogjakarta: CV Budi Utama.

Purwanto. 2020. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Rizal M. 2016. Efektivitas Penerapan Metode Ekspositori Berbasis Kuis Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTsN MA ’ R A N G Kabupaten Pangkep. Jurnal Matematika dan Pembelajaran Volume 4 Nomor 2 p-ISSN: 2354-6883 e-ISSN: 2581-172X Desember 2016

Rusman. 2017. Belajar dan Pembelajaran Berioerientasi Standar proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Salmawati.2019. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Melalui Metode Ekspositori Dengan Pemberian Kuis.Jurnal Pendidikan Fisika, 2(2), 99–109.

Sanjaya Wina. 2019. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Santyasa, I Wayan. 2017. Pengembangan Modul IPA dengan Pendekatan Kontekstual untuk Kleas V SD Negeri 2 Semarapura Tengah. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 3

Subarinah. 2019. Inovasi Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Depdiknas.

Sudjna Nana, Rivai. 2019. Penilaian Hasil Proses Belajar Program Perbaikan dan Pengayaan Peserta Didik Berkebutuhan Khusus. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suharjana. 2008. Pemanfaatan Alat Peraga Sebagai Media Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: PPPPTK Matematika.

Sunaryo. 2020. Strategi Belajar Mengajar Dalam Pengajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Jakarta: DEPDIKBUD

Susanto Ahmad. 2016. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Suyitno, A. 2019. Dasar-Dasar dan Proses Pembelajaran Matematika 1. Semarang: Unnes

Syaiful Sagala. 2019. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

UU No. 20 Tahun 2019 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Citra Umbara.

Widoyoko, Eko Putro. 2020. Penilaian Hasil Pembelajaran di Sekolah. Yogjakarta: Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

31-05-2023