Pengaruh Model Project Based Learning Berbasis Video Terhadap Hasil Belajar IPS Murid SDN 65 Tampo Kecamatan Anggeraja Kabupaten Enrekang

Authors

  • Hairul Syarifuddin Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Muhammad Nawir Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Muliani Azis Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.58738/jkp.v1i3.228

Keywords:

Model Pembelajaran, Project Based Learning berbasis video, Hasil Belajar IPS.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh model Project Based Learning berbasis video terhadap hasil belajar IPS murid kelas IV SDN 65 Tampo Kecamatan Anggeraja Kabupaten Enrekang. Jenis penelitian ini adalah Pre-Ekperimental. Desain pada penelitian ini adalah One Group Pre Test-Post Test Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar murid sebelum diterapkan model Project Based Learning berbasis video yaitu dari 15 murid  dengan nilai rata-rata 62 serta terdapat 3 murid (20%) yang berada pada kategori sangat rendah, 10 murid (66,7%) yang berada pada kategori rendah, 2 murid (13,3%) yang berada pada kategori sedang. Adapun setelah diterapkan model Project Based Learning berbasis video dari 15 murid dengan nilai rata-rata 80 serta terdapat 1 murid (6,7%) yang berada pada kategori rendah, 3 murid (20%) yang berada pada kategori sedang, 10 murid (66,6%) yang berada pada kategori tinggi dan 1 murid (6,7%) yang berada pada kategori sangat tinggi. Hasil uji t diperoleh tHitung= 8,617 dan tTabel = 1,77093 maka diperoleh  tHitung> tTabel atau 8,617 > 1,77093. Sehingga H0 ditolak dan H1 diterima, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan penggunaan model Project Based Learning berbasis video terhadap hasil belajar IPS kelas IV SDN 65 Tampo Kecamatan Anggeraja Kabupaten Enrekang. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka disimpulkan bahwa model Project Based Learning berbasis video berpengaruh terhadap hasil belajar IPS pada murid kelas IV SDN 65 Tampo Kecamatan Anggeraja Kabupaten Enrekang.

References

Arikunto, Suharsimi. 2020. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik, Edisi Revisi VI. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Aulia. 2020. Pengaruh Model Project Based Learning (PJBL) Terhadap Hasil Belajar IPS Murid Kelas IV SDN Minasa Upa Kota Makassar Pada Materi Siklus Air. Jurnal Jikap PGSD Vol 2 No 3. https://primary.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPFKIP/article/view/8054.

Basmalah. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Berbasis Video Terhadap Hasil Belajar IPS Pada Murid Kelas IV SD inpres Tinggimae Kabupaten Gowa. Pinisi journal pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 3 No 2. https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/PSNPD/article/view/1072

Hamdani. 2019. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia

Handayani. 2019. Keefektifan Prject Based Learning (PJBL) Bermuatan Etossains Terhadap. Semarang.

Handayani, dkk. 2020. Buku Ajar Strategi Pembelajaran Ekonomi Model-Model Pembelajaran Inovatif Di Era Revolusi Industri 4.0. Malang: PT. Literindo Berkah Jaya.

Hastuti. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Terhadap Hasil Belajar IPS Murid Kelas IV SD Negeri 55 Pare-Pare. Jurnal pendidikan IPS Indonesia Vol 3 No 2. https://ojs.unm.ac.id/jsd/article/view/37775.

Hendracita, N. 2021. Buku Ajar Model Pembelajaran SD. Bandung: Multikreasi Press.

Sari, R.T. Anggreni, S. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Upaya Meningkatkan Kreativitas Mahamurid. Jurnal Varia Pendidikan, 79-83.

Silvana, Dewi. 2020. Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Bamboo Dancing Pada Murid Kelas IV SD Negeri 1 Lopok Kabupaten Sumbawa. Skripsi tidak diterbitkan, Universitas Muhammadiyah Makassar.

Slameto. 2020. Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Downloads

Published

31-05-2023