Peningkatan Kemampuan Menyusun Kalimat Tanya Melalui Pendekatan Komunikatif pada Siswa Kelas V SD Inpres Langkowa Kabupaten Gowa

Authors

  • Serli Ashari Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Abd. Rahman Rahim Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Abdan Syakur Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.58738/jkp.v1i3.193

Keywords:

Menyusun kalimat tanya, pendekatan komunikatif

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini adalah bagaimana menerapkan pendekatan komunikatif dalam meningkatkan kemampuan menyusun kalimat tanya pada siswa kelas V SD Inpres Langkowa Kabupaten Gowa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyusun kalimat tanya melalui pendekatan komunikatif pada siswa kelas V SD Inpres Langkowa Kabupaten Gowa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (class action reaserch) yang terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dilaksanakan empat kali pertemuan dan siklus II juga dilaksanakan empat pertemua. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Inpres Langkowa Kabupaten Gowa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus pertama yang tuntas secara individual dari 14 siswa hanya 8 siswa atau 50% yang memenuhi kriteria ketuntasan (KKM) atau berada pada kategori rendah. Secara klasikal belum terpenuhi karena nilai rata-rata diperoleh sebesar 68,78. Sedangkan pada siklus II dimana dari 14 siswa terdapat 13 orang atau 85,70% telah memenuhi KKM dan secara klsikal sudah terpenuhi yaitu nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 85 atau berada pada kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut di atas, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan komunikatif dapat meningkatkan kemampuan menyusun kalimat tanya siswa kelas V SD Inpres Langkowa Kabupaten Gowa.

References

Arikunto. Suharmisi. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.

Djuanda, Dadan. 2008. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. Bandung : Pustaka Latifah.

Eliskayana. 2019: Kesalahan Penggunaan Kalimat Efektif Dalam Skripsi Mahasiswa Program Studi Bahasa Dan Sastra Indonesia. Tesis Tidak Diterbitkan. Makassar: Unismuh Makassar.

Harsojo, A. (2017). Penerapan Strategi Pembelajaran Komunikatif Untuk Menigkatkan Kemampuan Menulis Laporan Siswa Kelas VA SDN Pajagalan II. Autentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 1(1), 27-37.

Hasnah. 2014. Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Pendekatan Komunikatif Murid Kels V SD Inpres Bontoala II Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa. Skripsi Tidak Diterbitkan. Makassar: Unismuh Makassar.

Hidayati, A. (2018). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Pendekatan Komunikatif Kelas V SD Padurenan II Di Bekasi Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(2), 83-95.

Mahsun. 2014. Teks Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Muammar, dkk. 2018. Model Keterampilan Berbicara Berbasis Pendekatan Komunikatif. Mataram : Puri Bunga Amanah.

Ningsih, A, Zahar, E., & Sujoko, S. (2021). Analisis Kalimat Tanya Dalam Novel Mawar Layuku Karya Kawé Arkaan. Aksara: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 9-14.

Panigoro, R. (2018). Meningkatkan Kemampuan Membuat Kalimat Tanya Melalui Model Pembelajaran Make A Match Pada Siswa Kelas VIIID SMP Negeri 1 Botupingge Tahun Pelajaran 2018-2019. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 4(4), 433-454.

Pandean, M. L. (2018). Kalimat tanya dalam bahasa Indonesia. Kajian Linguistik, 5(3).

Sari, Novita.2016. Peningkatan Kemampuan Siswa Dalam Penyusunan Kalimat Tanya Dengan Metode Pencocokan Kartu Ideks (Index Card Match) Di Kelas II MI Al Husna Ciledug Kota Tangerang. Skripsi Tidak Diterbitkan. Jakarta : UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Sasmita, S (2014). Peningkatan Kemampuan Siswa Kelas IV SDN No. 3 Tondo Kecamatan Sirenja Menggunakan Kalimat Tanya Melalui Metode Latihan. Jurnal Kreatif Online, 1(4).

Slamet, St. Y.2021. Dasar-Dasar Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Di Sekolah Dasar. Surakarta : Uns Press

Susilowati, E.,Chamisijatin, L., & Irmawati, N.(2019). Peningkatan Keterampilan Membuat Kalimat Tanya Berdasarkan Gambar melalui Penerapan Model

Kooperatif Tipe Scramble pada Siswa Kelas II Sdn Sumbersari 1. Jurnal Basicedu, 3(1), 146-151.

Simang, R., Efendi, E., & Gagaramusu, Y (2014). Meningkatkan Kemampuan Siswa Menggunakan Kalimat Tanya Melalui Metode Latihan Pada Siswa Kelas IV SD Inpres 2 Langaleso. Jurnal Kreatif Online, 7(1).

Sumarni Wirna. 2021. Penerapan Pendekatan Komunikatif Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpidato Pada Siswa Kelas IX SMPN 3 Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar. Skripsi Tidak Diterbitkan. Makassar: Unismuh Makassar.

Talib, A. (2014). Peningkatan Kemampuan Membuat Kalimat Tanya Melalui Games Jeopardy Siswa Kelas V Sdn No. 13 Allu I Kecamatan Bangkala Kabupaten Jeneponto. Jurnal Konfiks, 1(1), 43-55.

Tarigan, Henry Guntur. 2021. Teknik Pengajaran Keterampilan Berbahasa Bandung : Aksara.

Wahyuningsi, E. (2019). Pendekatan Komunikatif Dalam Pembelajaran. Lingua Franca: Jurnal Bahasa,Sastra,danPengajarannya,3(2),179-19

Downloads

Published

31-05-2023