Penerapan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V SD Inpres Langkowa Kabupaten Gowa

Authors

  • Sartika Sari Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Andi Sukri Syamsuri Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Aco Karumpa Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.58738/jkp.v1i3.192

Keywords:

Keterampilan Berbicara,, Metode Role Playing

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan keterampilan berbicara siswa Kelas V SD Inpres Langkowa Kabupaten Gowa melalui penerapan metode role playing. Penelitian ini bertujuan untuk peningkatan keterampilan berbicara siswa Kelas V SD Inpers Langkowa Kabupaten Gowa melalui penerapan metode role playing. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Class Action Reaserch). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yakni siklus I yang mencakup empat kali pertemuan dan siklus II juga mencakup empat kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas V SD Inpres Langkowa Kabupaten Gowa sebanyak 14 orang siswa yang terdiri dari 8 orang siswa laki-laki dan 6 orang siswa perempuan dan data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Prosedur penelitian ini meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data melalui tes hasil belajar dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan berbicara siswa Kelas V SD Inpres Langkowa Kabupaten Gowa, hal ini dapat dilihat pada siklus  I skor rata-rata sebesar 56,42% dan siswa yang berada dikategori tuntas sebanyak 4 orang. Meningkat pada siklus II diperoleh skor rata-rata sebesar 80% dan siswa yang berada dalam kategori tuntas sebanyak 11 orang. Di samping itu hasil belajar siswa pada setiap akhir proses pembelajaran dari siklus I sampai siklus II menunjukkan nilai yang cukup meningkat sesuai dengan indikator pencapain ketuntasan belajar dan hasil observasi siswa di setiap siklus menunjukkan peningkatan. Dari analisis tersebut dapat disimpulkan bawa penerapam metode role playing dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa Kelas V SD Inpres Langkowa Kabupaten Gowa

References

Arikunto, Suharmisi. 2019. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Arifin, Anwar. 2008. Ilmu Komunikasi Sebuah Pengantar Ringkas. Jakarta: Raja Grafindo Persada.s

Arifin, Zaenal. 2016. Metodologi Pengajaran Bahasa dan Sastra (Paduan Penting Bagi Guru Bahasa Yang Ingin Profesional Dan Menjadi Idola Siswa). Tangerang: Pustaka Mandiri.

Beta. P&Peran, M.B. 2019. Peningkatan Keterampialn Berbicara Melalui Metode Bermain Peran. CJPE: Cokrominoto Jurnal Of Primary Education, 2(2), 48-45.

Budianingsih, C.A. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Calhoun, dkk. 2019. Models Of Teaching. America:A Person Education Company.

Depdikbud. 2014. Kurikulum Pendidikan Dasar. Garis-Garis Besar Program Pengajaran Sekolah Dasar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud.

Depdikbud. 2017. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Hamalik,Oemar. 2013. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Iskandar, Denny. 2015. Berbicara dan Pembelajarannya. http://File.UI.Edu.

Ihsan, Fuad. 2015. Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Maidar, G. Arsjad dkk. Pembinaan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Maryani. 2016. Penerapan Metode Bermain Peran (Role Playing) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Siswa Kelas V SDN Cakranegara. Skripsi Tidak Diterbitkan. Mataram: Universitas Mataram.

Miftahul, Huda. 2016. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mulyani Sumantri & Johar Pernama. 2016. Pendidikan Keterampilan. Jakarta: Depdikbud.

Nuryanto, S. dkk. 2018. Peningkatan Keterampilan Berbicara Mahasiswa Pgsd Dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia Berbasis Konservasi Nilai-Nilai Karakter Melalui Penerapan Metode Audio Visual. Jurnal Penelitian . Pendidikan. 35 (1), 83-94.

Nurgiantoro, Burhan .2011. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Puspitaningrum, dkk. 2019. Keefektifan Model Bermain (Role Playing) Terhadap Kemampuan Berbicara Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha: 296–299.

Priatna, A. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Metode Role Playing Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IV SD Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Indonesia. Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar. 147-150.

Rustam & Hasriani. 2019. Application Of Therapeuntic Nurce Communication To Self Concept As Reviewed From The Anxiety Level Of Tuberculosis Patients. International Journal Of Caring Science, 12 (12) 2, 979-986.

Sabarti, Akhadiah, dkk. 2012. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Suhendar, Dadang. 2021. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Rosdakarya.

Sumantri, Mulyani. 2016.Pendidikan Keterampilan. Jakarta: Depdikbud.

Soebrata. 2017. Strategi Pembelajaran PLB. Surakarta: UNS Press.

Slamet, St.Y. 2021. Dasar-Dasar Pembelajaran Bahasa dan Sasatra Indonesia di Sekolah Dasar. Surakarta: UNS Press.

Tarigan, Henry Guntur. 2021. Teknik Pengajaran Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tarigan, Henry Guntur. 2015. Berbicara Sebagai Salah Satu Keterampilan Berbahasa. Bandung:Angkasa.

Tarigan, Henry Guntur. 2013. Berbicara Sebagi Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Wahab, Abdul Asiz. 2019. Metode dan Model-Model Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Yunus, Surya. 2013. Kapita Selekta Pendidikan SD. Jakarta:Universitas Terbuka.

Zaenab. 2021. Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Role Playing Pada Murid Kelas IV SD Paccinang Kota Makassar. Skripsi Tidak Diterbitkan. Makassar:Unismuh Makassar.

Zulkifli. 2021. Kurikulum Berbasis Kompetensi Karakteristik dan Implementasinya. Bandung: PT.Rosdakarya.

Downloads

Published

31-05-2023