Efektivitas Metode Pembelajaran Team Quiz Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Narasi Pada Siswa Kelas V SD Negeri 170 Mulyasri Kecamatan Tomoni Kabupaten Luwu Timur

Authors

  • Tri Uji Rahmawati Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Syahruddin Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Rahmatiah Universitas Muhammadiyah Makassar

Keywords:

Efektivitas, Metode Team Quiz, Karangan Narasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas metode pembelajaran team quiz terhadap kemampuan menulis karangan narasi pada siswa Kelas V SD Negeri 170 Mulyasri Kecamatan Tomoni Kabupaten Luwu Timur. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan bentuk penelitian eksperimen. Bentuk desain penelitian Pre-Experimental Design yang akan digunakan peneliti adalah One-Group Pretest-Postest Design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 170 Mulyasri yang berjumlah 18 siswa terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Teknik Pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dan tes. Teknik analisis data yang dilakukan dengan perhitungan statistik “Uji-T”.Hasil belajar siswa dianalisis dengan uji t setelah dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas data hasil belajar menulis karangan narasi siswa (posttest). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dilihat dari rata-rata pretest yaitu 58,33 sedangkan posttest yaitu 83,33. Hasil analisis terhadap hasil belajar yang dibuktikan dari nilai signifikansi pada output Paired Sample Test yaitu 0.001 < 0,005 yang berarti bahwa H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti penggunaan metode pembelajaran team quiz efektif terhadap kemampuan menulis karangan narasi pada siswa kelas V SD Negeri 170 Mulyasri.

References

Afandi, Muhamad, Dkk. (2013). Model Dan Metode Pembelajaran Di Sekolah. Semarang: Unissula Press.

Cahyani, Isah.(2009). Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Islam Departemen Agama RI. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar, (2008). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Karsa.

Hamruni.(2012). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani.

Helmiati. (2012). Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Silberman, Mel. (2009). Active Learning 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Yogyakarta: Alfabeta.

Suparno dan Muhammad Yunus. (2011). Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.

Suprijono Agus. (2014). Cooperative Learning : Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.

Downloads

Published

31-05-2023