Penerapan Metode Pembelajaran Simulasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Pembelajaran IPS di SDI Bontoloe Kabupaten Gowa

Authors

  • Nurmidayanti Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Hj Rosleny Babo, Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Syamsuriyanti Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.58738/jkp.v1i3.183

Keywords:

Metode Pembelajaran Simulasi, Hasil Belajar IPS, pelajaran IPS

Abstract

Penggunaan metode pembelajaran simulasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SDI Bontoloe  Kabupaten Gowa. Penelitian ini dilaksanakan di SDI Bontoloe Kabupaten Gowa tahun ajaran 2022/2023 pada mata pelajaran IPS yang dilakukan selama dua siklus. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDI dengan jumlah siswa 25 orang yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi,tes dan dokumentasi. Analisi data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran simulasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa dimana pada siklus I Presentase peserta didik memperoleh nilai tuntas 64% dengan nilai rata-rata 71 sedangkan pada  siklus II mengalami peningkatan sebesar 24% sehingga persentase peserta didik memperoleh nilai tuntas 88% dengan nilai rata-rata 83,2. Dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran simulasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDI Bontoloe Kabupaten Gowa  pada mata pelajara IPS

References

Afandi, dkk. (2013). Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang: Unissula Press

Aidah, S. N. (2020). Cara Efektif Pnerapan Metode dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: KBM Indonesia

Amin, Al Fauzian. (2015). Metode dan Model Pembelajaran Agama Islam. Bengkulu: IAIN Bengkulu Press

Anggraeni, N. E. (2019). Strategi Pembelajaran Dengan Model Pendekatan Pada Peserta Didik Agar Tercapainya Tujuan Pendidikan Di Era Globalisasi. ScienceEdu, 2 (1), 72-79.

Anugraheni, I (2017). Analisa Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Proses Belajar Guru-Guru Sekolah Dasar. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(2), 205.

Arikunto, S. (2019). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta:PT Bumi Aksara.

Darmi. (2022). Penerapan Metode Simulasi Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Geografi Materi Mitigasi Bencana Alam di Kelas XI IPS-4 SMAN 4 Kota Bima Semester II Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia 2 (1), 14-26,

Djamaluddin, Wardana (2019). Belajar dan Pembelajaran 4 Pilar Peningkatan Kompotensi Pedagogis. Yogyakarta: CV Kaffah Learning Center.

Handayani. (2017). Penerapan Metode Simulasi Pada Materi Pembelajaran Press Conference Guna Meningkatkan Soft Skill Dan Mutu Pembelajaran Di Smkn 3 Bandung Tingkat 11 (Ap4). Jurnal Penelitian Pendidikan, 17(2), 99–104.

Hasbullah. (2021). Kurikulum Pendidikan Guru: Metode Simulasi Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 11 (2): 155-162.

Ikhwan, A. (2017). Metode Simulasi Pembelajaran Dalam Perspektif Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 2 (2), 1-34

Kemendikbud. (2015). Undang-undang 53 Tahun 2015. Tentang Penilaian Hsil Belajar Peserta Didik Pada Jenjang Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Permendikbud

Lestari, M. Y. S. (2019). Penerapan Metode Simulasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Seni Tari Siswa Di Kelas Viii.6 Smp Negeri 7 Padang Maryunis. Sendratasik, 7(3), 40–50.

Lilik Kusnianigsih. (2015). Penerapan Metode Simulasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V Sdn Wunut , Tulung, Klaten. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 5 Tahun Ke IV April 2015, 1–11.

Lufri, dkk. (2020). Metodologi Pembelajaran: Strategi, Pendekatan, Model, Metode Pembelajaran. Malang: CV IRDH

Maemunah B. (2014). Psikologi Pendidikan.Yogyakarta: IAN Tulungayung Press bekerjasama Lentera Kreasindo.

Maesaroh. S. (2013). Peranan metode pembelajaran terhadap minat dan prestasi belajar pendidikan agama islam. jurnal kependidikan 1 (1), 155

Majid, Abdul. (2014). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Muhammad Yudhi Al Firdaus, S. (2018). Multimedia Dalam Mata Pelajaran Alat Ukur Implementation of Simulation Learning Method. Jurnal Taman Vokasi, 6(1), 62-67.

Nurhasanah, A. (2016). Penggunaan Metode Simulasi Dalam Pembelajaran Keterampilan Literasi Informasi IPS Bagi Mahasiswa PGSD. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(1), 87-95.

Nurintang, dkk. (2022). Penerapan Metode Pembelajaran Simulasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Di SMPN 3 Bontolempangan. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1 (3), 102-108.

Rahma, Noer. (2015). Psikologo Pendidikan. Yogyakarta:Kalimedia

Rezania, dan Rifki, A. (2020). Pengembangan Pembelajaran IPS SD. Sidoarjo:UMSIDA Press.

Sapriya. (2017). Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian: Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta

Sudjana, Nana.(2013). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Supriatiningrum, Jamil. (2013). Guru Profesional: Pedoman Kinerja, Kualifikasi & Kompetensi Guru. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenamedia Group.

Wiriaatmadja. (2014). Metode penelitian tindakan kelas. Bandung: Remaja Rosda Raya

Wulandari, R., dan Masruri, M. S. (2016). Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Metode Simulasi Dengan Reinforcement Di SMPN 2 Jetis Bantul. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS , 3 (1), 62-73.

Downloads

Published

31-05-2023