Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Picture And Picture Terhadap Keterampilan Membuat Kalimat Siswa Kelas II SDN 9 Katobu Kabupaten Muna

Authors

  • Helmi Febrianti Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Bahrun Amin Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Yuddin Passiri Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.58738/jkp.v1i3.182

Keywords:

keterampilan membuat kalimat, Model pembelajaran picture and picture, belajar

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kualitas siswa dalam menulis, selain itu dalam proses pembelajaran siswa sering merasa jenuh dan kurang mendapatkan variasi dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran picture and picture terhadap keterampilan membuat kalimat siswa kelas II SDN 9 Katobu Kabupaten Muna tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen berbentuk eksperimental design menggunakan one group pretest posttest yang hanya memiliki satu kelompok subjek yang dilaksanakan tanpa adanya kelompok pembanding dan diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran picture and picture . Variabel dalam penelitian ini  terdiri dari variabel bebas yaitu model pembelajaran picture and picture dan variabel terikat yaitu keterampilan membuat kalimat siswa kelas II SDN 9 Katobu Kabupaten Muna berjumlah 68 siswa. Dan sampel yaitu kelas II C yang berjumlah 19 siswa. Teknik analisis data menggunaka uji-t untuk menguji pengaruh penggunaan model pembelajaran picture and picture terhadap keterampilan membuat kalimat siswa. Hasil penelitian dengan analisis statik inferensial dengan menggunakan uji-t diketahui bahwa keterampilan membuat kalimat yang signifikan, hal ini terlibat dimana t hitung lebih besar dari t tabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa setelah penerapan model pembelajaran picture and picture meningkat dilihat dari hasil posttest dibandingkan dengan sebelum diterapkan model pembelajaran picture and picture karena dengan penerapan model pembelajaran picture and picture siswa lebih cepat dapat menangkap materi ajar karena guru menunjukkan gambar-gambar mengenai materi yang dipelajari sehingga menciptakan kreativitas siswa dalam membuat kalimat.

References

Arif Tiro, Muhammad. 2(008). Dasar-dasar Statistika. Makassar: Andira Publisher

Anang Santoso, dkk. (2013). Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, (Banten:Universitas Terbuka)

Antari, W. Y., & Satyawati, M. S. (2017). Analisis Penggunaan Kalimat Bahasa Indonesia pada Karangan Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 10 Sanur, Denpasar. Jurnal Humanis, 21(1), 46–51. (https://ojs.unud.ac.id/index.php/sastra/article/view/35643/21481, diakses 1 November 2022)

Arikunto,Suharsimi. (2002). Metodologi Penelitian Suatu Pendekaatan Proposal. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Cahyani. Isah. (2013). Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta : Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama Republik Indonesia

Istarani, 58 Model Pembelajaran Inovatif (Referensi Guru Dalam Menentukan Model Pembelajaran).(Medan: Media Persada, 2011), hlm. 8.

Mesiana, Zahara, & S. (2016). Pengaruh Penggunaan Picture and Picture terhadap Motivasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ekonomi Akuntansi, (Online), Jilid 2, No.2, (https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/jp2ea/article/view/132/118, diakses 29 Oktober 2022)

Octaviani, Shilphy A. (2020). Model-Model Pembelajaran. Yogyakarta : CV Budi Utama

Pane, A., & Darwis Dasopang, M (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2),333. (https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945, diakses 21 oktober 2022)

Setiawan, M. A..(2017). Belajar dan Pembelajaran. Uwais Inspirasi Indonesia : Sidoharjo

Suryabrata, Sumadi, (2004). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Yusuf dkk. (1993). Konsep Dasar dan Pengelolaan Kegiatan Belajar Mengajar. Bandung: Andira

Downloads

Published

31-05-2023