Pengaruh Penggunaan Media Botol Cerdas Berbantuan Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IV SD Inpres 12/79 Arasoe Kecamatan Cina Kabupaten Bone

Authors

  • Ade Ita Lestari Universitas Muhammadiyah Makassar
  • A.Rahman Rahim Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Sri Rahayu Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.58738/jkp.v1i3.181

Keywords:

Media Botol cerdas, Model Talking Stick, Keterampilan Berbicara

Abstract

Pengaruh Penggunaan Media Botol Cerdas Berbantuan Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IV SD Inpres 12 / 79 Arasoe Kecamatan Cina Kabupaten Bone. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengauh penggunaan Media Pembejaran Botol Cerdas Berbantuan Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Berbicara Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SD Inpres 12/79 Arasoe Kecamatan Cina Kabuaten Bone. Jenis penelitian eksperimen yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Research dengan desain jenis One Group pretest-posttest Design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Inpres 12 / 79 Arasoe Kecamatan Cina Kabupaten Bone sebanyak 17 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan hasil penilaian keterampilan berbicara. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistika, yaitu statistika deskriptif dan statistika inferensial. Setelah diperoleh t Hitung 6,5480 dan t tabel 2,119 maka diperoleh tHitung > tTabel atau 6,5480 > 2,119. Berdasarkan hasil dari t Hitung dan t Tabel, dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Ini berarti bahwa penggunaan media botol cerdas berbantuan talking stick dalam proses pembelajaran terdapat pengaruh terhadap keterampilan berbicara siswa  kelas IV SD Inpres 12 / 79 Arasoe Kecamatan Cina Kabupaten Bone.

References

A. Octavia, Shilphy. (2020). Model – Model Pembelajaran. Yogyakarta: CV Budi Utama

Prastowo, Andi. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Rahayu,S.(2022). Peningkatan Kemampuan Menulis Dengan Menggunakan Pendekatan Keterampilan Proses Untuk Siswa Sekolah Dasar. JUDIKNAS: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, 1(2), 145-152

Rahayu,S., & Saputra,A.(2022). Pengaruh Media Literasi Visual Dalam Menulis Teks Pada Siswa Kelas IV SD Inpres Bungasunggu Keamatan Biring Bulu Kabupaten Gowa. Jurnal Borneo Humaniora, 5(1), 40-44

Septy Nurfadhillah, Supriyono. 2021. Media Pembelajaran. Jawa Barat: CV Jejak, anggota IKAPI

Setyawati, Dewi. (2011). Hasil Belajar Biologi Melalui penerapan Model Talking Stick dalamModel Learning Cycle Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa di SMAN 5 Surakarta.[jurnal]. Surakarta: Universitas Sebelas Maret

Suarni, E.S. (2012). Penerapan Metode Talking Stick pada Pembelajaran Seni Tari untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas XI IPA di SMA Warga Bakti Cimahi. Bandung. Diakses dari http://respository.upi.edu/operator/uploads/s_sdt_0707968_chapter1.pdf (15 september 2022; 20:45 WITA)

Sugiyono. (2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Tarigan, Hendri Guntur.( 2015). Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa

Downloads

Published

31-05-2023