Peningkatan Kemampuan Membaca Nyaring Melalui Media Kartu Gambar (Flas Card) Siswa Kelas II di SD Negeri 12 Gu Kabupaten Buton Tengah Provinsi Sulawesi Tenggara

Authors

  • Syarlin Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Abdul Munir Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Haslinda Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.58738/jkp.v1i3.180

Keywords:

Membaca, Nyaring Media Kartu Gambar (Flas Card), Hail Belajar,

Abstract

SYARLIN. 2023.  Peningkatan Kemampuan Membaca Nyaring melalui Media Kartu Ganbar  (Flas Card) Siswa  Kelas II SD Negeri 12 Gu Kabupaten Buton Tengah Provinsi Sulawesi Tenggara. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru  Sekolah Dasar  Standar satu (PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar. Pembimbing Abdul Munur Kondangan dan Pembimbing 2 Haslinda.

Peneliti ini dilatar belakangi oleh bagaimana penggunaan media kartu bergambar  (Flas Card) Siswa Kelas II SD Negeri 12 Gu. Hal ini disebabkan oleh penggunaan metode pembelajaran yang kurang tepat. Berdasarkan hasil pengamatan awal terungkap adanya masalah  yang sering muncul seperti siswa yang kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran  Bahasa Indonesia, pembelajaran masih di dominasi oleh guru dan belum diterapkannya pembelajaran inovatif di kelas. Peneliti ini bertujuan untuk mendeskripsikan meningkatkan kemampuan membaca nyaring melalui media kartu gambar (Flas Card)  Siswa Kelas II SD Negeri 12 Gu Kabupaten Buton Tengah Provinsi Sulawesi Tenggara, subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri 12 Gu yang berjumlah 25 orang, laki-laki sebanyak 12 orang dan peremouan 13 orang. Peneliti ini menggunakan metode  penelitian tindakan kelas (PTK)  yaitu proses pengkajian masalah pembelajaran di dalam kelas melalui refleksi diri dalam upaya untuk memecahkan masalah tersebut dengan cara melakukn berbagai tindakan yang terencana dalam situasi nyata serta menganalisis  setiap pengaruh dari perlakuan tersebut. Sumber dari data adalah siswa kelas II yang berjumlah 25 siswa dan guru kelas II sebagai kolaborator. Peneliti tindakan kelas yang dilaksanakan pada siklus I dan siklus II, penggunaan media Kartu gambar  ( Flas Card) pada mata pelajaran Bahasa Indonesia terbukti telah meningkat kemampuan membaca nyaring siswa. Hal tersebut terlihat dari hasl presentase ketuntasan belajar siswa pada tahap siklus I  sebesar 60% dan meningkat pada siklus II yaitu sebesar 92%. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran kartu gambar (Flas Card)  dapat meningkatkan  kemampuan membaca nyaring.

References

Arief, Sadiman. (2009). Media Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Arsyad, Azhar. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Grafindo Persada.

Anggraeni, K. (2016). Efektivitas Metode Steinberg dengan Media Big Book Terhadap Keterampilan Membaca Nyaring. Juqrnal Cakrawala Pendas, 2(1), 83-94.

Angela, Dian Noura. Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Media Gambar Program Studi I PGSD FIP Universitas Negeri Yogyakarta Siswa kelas I SD Negeri Pepen, Skripsi Program Sarjana Pendidikan Guru Sekolah Dasar: 2016)

Basyiruddin Asnawir. (2012). Media Pembelajaran, Jakarta: Ciputat pers.

Budiarti, W. N., & Haryanto, H. (2016). Pengembangan Media Komik Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas Iv. Jurnal Prima Edukasia, 4(2), 233. https://doi.org/10.21831/jpe.v4i2.6295

Cahyani, Isah. (2009). Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Hak Cipta.

Cahyani, Isah. (2009). Bahasa Indonesia. Jakarta: Hak Cipta.

Daryanto. (2018). Media Pembelajaran. Yogyakarta. Gava Media.

Dalman. (2014). Keterampilan Membaca Cet. I Jakarta; Rajawali Pers.

Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, Jakarta. English calss yang Fun, Asyik dan Menarik. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Eka Fitriyani & Putri Zulmi Nulanda. Media Flash Cards dalam Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris, Psympathic, Jurnal Ilmiah Psikologi, Vol. 4, No. 2, (Desember 2017).

Fitriani, F. 2018. Keterampilan Membaca Nyaring Dengan Menggunakan Media Kartu Kata. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 1(1), 37–46. https://doi.org/10.24256/pijies.v1i1.378

Fuentes, M. M. M. (2017). Pengaruh Penerapan Metode Reading Aloud (Membaca Nyaring) Terhadap Keterampilan Membaca Peserta Didik Kelas II MI Madani Alauddin Paopao. 1–14.

Faqih, A. M., & Hamdar, E.(2020). Peningkatan Keterampilan Belajar Bahasa Indonesia Tentang Membaca Nyaring Dengan Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas III SD. Journal Huriah: Jurnal Evaluasi Dan Penelitian Pendidikan, 1(1), 28–37.

Hidayah, N. (2015). Penanaman nilai-nilai karakter dalam pembelajaran bahasa Indonesia di Sekolah Dasar 190. 2, 190–204.

Haryanto, H, & Rahman, B. (2014). Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Media Flashcard Pada Siswa Kelas I Sdn Bajayau Tengah 2. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 127. https://doi.org/10.21831/jpe.v2i2.2650

Hotimah Empi. (2016) Penggunaan Media Flashcard Meningkatkan Kemampuan Siswa Pada Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris Kelas II MI Ar-Rochman Samarang Garut, Jurnal Pendidikan Universitas Garut, vol. 4

Herlinasari, Rizky. (2017). Upaya Meningkatan Kemampuan Membaca dan Menulis Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dengan Menggunakan Media Flash Card di Kelas I MI Miftahul Athfal Kecamatan Gunung sugih Kabupaten Lampung Tengah, Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Intan Lampung, 2017. (Secara Online)

Inriana, Dina. (2011). Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Yogyakarta: Diva Press.

Khair, U. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (BASASTRA) di SD dan MI. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 81.

Krismanto, W., & Tahmidaten, L. (2020). Permasalahan Budaya Membaca di Indonesia (Studi Pustaka Tentang Problematika & Solusinya). Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(1), 22–33. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p22-33

Kogo, P. K., & Kimencu, L. (2018). Organisational capabilities and performance of insurance companies in Nairobi city county, Kenya. In Human Resource andBusiness Administration. iajournals.org. https://www.iajournals.org/articles/iajhrba_v3_i1_126_149.pdf

Lestariningsih, L. (2009). Peningkatan Keterampilan Membaca Nyaring Dengan Teknik Balainang Melalui Media Buku Bergambar Pada Siswa Kelas 1 Sd Negeri Karangduren 3 Tengaran Semarang. Universitas Negeri Semarang.

lestari Puji. Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas II Pada Tema Peristiwa Dengan Buku Cerita Beragmabar di Perpustakaan SD Negeri 04 Getas Kaloran Temanggung. Skripsi Program Sarjana Pendidikan Guru Sekolah Dasar: 2014/2015)

Maryanto, R. I. P., & Wulanata, I. A. (2018). Penggunaan Media Flashcard Untuk Meningkatkan Pengenalan Bentuk Huruf Siswa Kelas I Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Abc Manado. Pedagogia, 16(3), 305. https://doi.org/10.17509/pdgia.v16i3.12073

Rima Wati Ega. (2016). Ragam Media Pembelajaran. Hak Cipta

Rahim, Farida. (2011). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Tarigan, Henry Guntur. (2022). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa, Bandung. Penerbit Angkasa.

Tarigan, H. G. (2008). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa.

Downloads

Published

31-05-2023