Kesulitan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas II MIS Anrihu Kecamatan Kindang Kabupaten Bulukumba

Authors

  • Nurhikmah Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Abdul munir Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Tasrif akib Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.58738/jkp.v1i3.177

Keywords:

kesulitan membaca permulaan, , kelas II MIS Anrihu, belajar

Abstract

Skripsi ini membahas tentang kesulitan membaca permulaan pada Siswa Kelas II MIS  Anrihu kecamatan kindang kabupaten Bulukumba  tahun 2022/2023. Kemampuan membaca permulaan merupakan kemampuan dasar pada jenjang pendidikan dasar dan sekolah dasar (SD /MI) merupakan satuan pendidikan yang memberikan kemampuan dasar tersebut sebagaimana yang dinyatakan dalam  undang undang nomor 20 Tahun 2003 Bab I Pasal 1 ayat 1 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Metode yang digunakan dalam penulisan ini yakni Kualitatif Deskritif yang mana memaparkan dan menggambarkan hasil penelitian yang dilakukan. Penelitian ini mendiskripsikan tentang kesulitan membaca permulaan pada Siswa Kelas II MIS Anrihu kecamatan kindang kabupaten Bulukumba . Faktor–Faktor yang menghambat Siswa dalam Kesulitan Membaca Permulaan  pada kelas II MIS Anrihu banyak dipengaruhi Malas belajar membaca, lebih asik bermain Solusinya di terapkan guru adalah memberikan inovasi-inovasi baru dalam memebaca permulaan dan memberikan perhatian yang lebih khusu terhadap siswa yang mengalami kesulitan membaca permulaan.Hasil dari penelitian ini yang melalui observasi, wawancara dengan Kepala sekolah, Guru kelas II dan Siswa kelas II MIS Anrihu kecamatan kindang kabupaten Bulukumba bahwa secara umum dari 10 siswa MIS Anrihu kecamatan kindang kabupaten bulukumba  ada 10  siswa MIS Anrihu  yang mengalamai kesulitan dalam membaca permulaan dan berdasarkan hasil observasi terdapat  20% siswa belum mengenal huruf, 20% siswa belum lancar membaca dan 38% siswa yang kurang dalam membaca nyaring dan pemahaman bacaan yang kurang.

References

Anggraeni, S. W., & Alpian, Y. (2020). Membaca Permulaan Dengan Teams Games Tournament (TGT) (1st ed). CV. Penerbit Qiara Media.

Abdul chaer. (2010). Kesantunan berbahasa. Jakarta: rineka cipta,.

Abdurrahman, Mulyono. (2003). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar.Jakarta: Asti Mahasatya.

Amitya kumara, dkk. (2014). Kesulitan berbahasa pada anak. Yogyakarta: pt kanisius,

Annisa, I., & Aswari, M. (2020). Efektifitas Media Quiet Book untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan bagi Anak Berkesulitan Belajar Membaca. Journal of Multidisciplinary Research and Development, 3(1), 112-117. https://jurnal.ranahresearch.com.

Hadian, L. H. (2018). Penggunaan Media Big Book Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Kalimat Sederhana. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 212-242.

Moleong, Lexy J. (2011). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Sodakarya.

Millah, R. (2018). Utilizing Story Mapping Strategy to Improve Students' Reading Comprehension in Finding Main Idea. Journal of Literature and Language Teaching. 2549-0698.

Nurani, R. Z., Nugraha,F.& Mahendra, H.H. (2021). Analisis kesulitan membaca permulaan pada anak usia sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(3) 1462 1470.https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3907.

Oktadiana Bella. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Membaca Permulaan Siswa Kelas Ii Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Madrasah Ibtidaiyah Munawariyah Palembang. Jip (Jurnal Ilmiah Pgmi), Vol 5 No. 2, (http://Jurnal.Radenfatah.Ac.Id/Index.Php/Jip/ Diakses 1 desember 2022).

Rahma mitra & dafit febrina, (2021), analisis kesulitan membaca permulaan siswa kelas 1 sekolah dasar: jurnal pendidikan, vol.13 no.2( 2021) 397-410.

Rahmana, A. F. (2018). Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Menggunakan Metode Membaca Terbimbing. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 18. 1744-1751.

Ruspitasari. (2020). Flip Book Innovation on Maglev Train Principles on Electromagnetic Induction Material to Grow Learning Motivation and Scientific Creativity. Jember: Unversitas Jember.

Rosanti.(2022).Analisis kesulitan membaca permulaan pada siswa kelas 2 SDN 3 dasar geres kecamatan gerung. Skripsi. Tidak diterbitkan. Mataram.Universitas muhammadiyah mataram.

Supple, M. D. M. (1989). The Irish Journal of Phonological Disability and Reading: What Is the Link ? The Jrish Journal of Psychology, 10(4), 568–578. https://doi.org/10.1080/03033910.1989.1055777

St. Y. Slamet. (2017).Dasar-dasar pembelajaran bahasa dan sastra indonesia di sekolah dasar. Surakarta: uns press, edisi ii. Cet. 3.

Sugihartono, dkk. (2007). Psikologi pendidikan. Yogyakarta: uny pers.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung:

Taufan, J., Ardisal, & Konitah, K. Y. (2020). Efektifits Model Pembelajaran Make A Match dalam Meniingkatkan Kemampuan Membaca permulaan Bagi Anak Disleksia di Sekolah DasarPenyelenggara Pendidikan Inklusif. Jurnal Basicedu, 4(4).

Undang – Undang Republic Indonesia Nomor 20 Tahun (2003) Sistem Pendidikan Nasional. Vaktor Tanda Vabel, Nurhattati Fuad, Arita Marini, “Evaluasi Program Gerakan Literasi Sekolah di SD NEGERI Rorotan 05 Kota Jakarta Utara”. Indonesia JournaOf Primary Education, vol 2 no 2 ( 2022).

Zahra Mauizah.(2022). analisis kemampuan membaca permulaan anak kelompok b di tk alam pelangi banda aceh. Vol. 3 No. 2 ( Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bbg.Ac.Id Diakse. 24 November 2022).

Downloads

Published

31-05-2023