Pengaruh Model Probing-Prompting Terhadap Hasil Belajar PKN Siswa Kelas IV UPT SD Negeri 21 Bontoramba Kec. Bontoramba Kab.Jeneponto

Authors

  • Firqah Muawwidzati Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Jumiati Nur Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Musdalifah Syahrir Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.58738/jkp.v1i3.173

Keywords:

Model, Hasil Belajar, Probing-Probing

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini yaitu bagaimana menerapkan metode probing-prompting untuk meningkatkan hasil belajar PKn pada Siswa Kelas IV UPT SD Negeri 21 Bontoramba Kec. Bontoramba Kab. Jeneponto. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Probing-Prompting terhadap hasil belajar PKn siswa kelas IV UPT SD Negeri 21 Bontoramba Kec. Bontoramba, Kab. Jeneponto. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pre-eksperimental design dengan teknik One Grup PreTest-PostTest design. Populasi dalam penelitian ini adalah Seluruh Siswa UPT SD Negeri 21 Bontoramba yang berjumlah 82 Orang. Adapun sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 13 orang dengan rincian 5 laki-laki dan 8 perempuan. Teknik pengumpulan data berupa Pretest-PostTest, Observasi dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis menggunakan rumus teknik analisis statistic deskriftif dan inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai t hitung = 3,46 dan di interpretasikan pada table distribusi t dengan taraf signifikan a =0,05 dan d.b = N-1=13-1 = 12 maka diperoleh t 0,05 = 3,340 setela diperoleh t hitung=18.85 dan ttabel = 2,17 maka diperoleh thitung>ttabel atau 3,46>2,17. Sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Ini berarti bahwa penggunaan model probing-prompting berpengaruh terhadap hasil belajar PKn. Berdasarkan hasil penelitian tersebut di atas, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar PKn. Setelah diajar menggunakan model probing-prompting pada siswa kelas IV UPT SD Negeri 21 Bontoramba Kec. Bontoramba Kab. Jeneponto Provinsi Sulawesi Selatan.

References

Ireel, A. M., Elita, Y., & Mishbahuddin, A. (2018). Efektivitas Layanan Konseling Kelompok Teknik Restrukturisasi Kognitif Untuk Mereduksi Kecemasan Menghadapi Ujian Siswa SMP di Kota Bengkulu. Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 1(2), 1–10. https://doi.org/10.33369/consilia.1.2.1-10

Mulyadi, M. A. (2021). Pengaruh Metode Probing-Prompting Terhadap Hasil Belajar PKn Murid Kelas IV SD Negeri 26 pulau Balang Lompo Kec. Liukang Tupabiring Kab. Pangkajene dan Kepulauan. In Skripsi.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif , R&D. Alfabeta : Bandung.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabeta.

Downloads

Published

30-05-2023