Peningkatan Keterampilan Membaca Intensif Melalui Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) Berbantuan Gambar Seri Siswa Kelas IIIA SDN Minasa Upa Makassar

Authors

  • Maulidya Apriana Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Andi Sukri Syamsuri Universitas Islam Negeri Alauddin, Indonesia
  • Andi Syamsul Alam Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.58738/jkp.v1i3.172

Keywords:

membaca intensif, Directed Reading Thinking Activity, Gambar seri

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini yaitu bagaimana menerapkan strategi directed reading thinking activity untuk bisa mendeskripsikan peningkatan keterampilan membaca intensif pada murid kelas III A SD Negeri Minasa Upa Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatkan aktivitas siswa pada pembelajaran membaca intensif melalui strategi Directed Reading Thinking Activity berbantuan gambar seri dan meningkatkan keterampilan membaca intensif siswa kelas III A SDN Mianasa Upa Makassar melalui strategi Directed Reading Thinking Activity berbantuan gambar seri. Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Clas Action Reaserch) yang terdiri dari dua siklus dimana setiap siklus dilaksanakan sebayak dua kali pertemuan. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan reflelksi. Subjek dalam penelitian ini adalah murid kelas III A SD Negeri Minasa Upa Makassar sebanyak 27 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: a) aktivitas siswa siklus I memperoleh jumlah skor rata-rata yang diperoleh adalah dengan kriteria 26.3 dengan kriteria sangat baik. Pada siklus II dengan skor yang diperoleh sebanyak 27.87 dengan kriteria sangat baik; b) keterampilan membaca intensif siswa pada siklus I rata-rata nilai yang diperoleh  72.6 dengan presentase ketuntasan yang dicapai adalah 55.5% dengan sebanyak 15 siswa sudah mencapai ketuntasan dan 12 siswa lainnya belum. Pada siklus II rata rata yang diperoleh adalah 85.3 dengan presentase ketuntasan sebesar 100% dengan 27 siswa atau seluruh siswa sudah mencapai ketuntasan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut di atas, dapat disimpulkan melalui strategi directed reading thinking activity berbantuan gambar seri mampu meningkatkan aktivitas siswa, dan keterampilan membaca intensif siswa kelas III A SDN Minasa Upa Makassar.

 

References

Anitah, Sri W, dkk. (2013). Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Arikunto, Suharsimi dkk. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Atik. (2018). Pengaruh Penerapan Direct Reading Thinking Activity (DRTA) Terhadap Hasil Belajar Kemampuan membaca Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III SDK Dea Kaju Kabupaten Enrekang. Makassar: Unismuh Makassar.

Azhar Arsyad. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Dalman. (2014). Keterampilan Membaca. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Daryanto. (2012). Media Pembelajaran. Bandung: satu Nusa

Hamalik, Oemar. (2006). Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algansindo.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.

Indah Dwi Rizkyana. (2015). Peningkatan Keterampilan membaca Intensif Melalui Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) Berbantuan gambar Seri Siswa Kelas III SDN Karangayar 01. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Keraf. Gorys. (1986). Tata bahasa Indonesia. Jakarta: Nusa Indah

Permendiknas RI no. 4 th 2007 tentang belajar.

Poerwanti, Endang dkk. (2008). Asesmen Pembelajaran SD. Jakart: Dirjen Dikti Depdiknas.

Rahim, Farida. (2009). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Rusman. (2012). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sanaky, Hujair. (2013). Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Bantul: Kaukaba Dipantara

Siregar, Eveline. (2014). Teori Belajar dan Pemebelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Suhartono, Suparlan. (2015). Filsafat Pendidikan. Makassar: Badan Penerbit UNM Makassar.

Tarigan, H. (2008). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Penerbit Angkasa.

Tim Dosen Unismuh Makassar. (2014). Pengantar Pendidikan. Makassar: Unismuh Makassar.

Yusi Agustina. (2021). Pengaruh Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Siswa Kelas V Di SD Negeri Bontoramba Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar. Makassar: Unismuh Makassar.

Downloads

Published

30-05-2023