Pengaruh Penggunaan Media Permainan Kartu Kata Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Kelas 2 SD Inpres Pandang-Pandang Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa

Authors

  • Nurlindah Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Muhammad Akhir Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Syekh Adiwijaya Latief Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.58738/jkp.v1i3.171

Keywords:

Permainan Kartu Kata, Media, Kemampuan Membaca Permulaan

Abstract

Peneliti ini bertujuan buat mendeskripsikan akibat pemakaian alat perantara permainan kartu tutur untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan yang ada dalam kategori 2 SD Inpres Pandang- Pandang Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Dalam riset ini menggunakan jenis riset uji dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, rancangan riset yang dikenakan quasi experimental design dengan nonequivalent control group design merupakan pemberian pretest dikala saat sebelum diberi perlakuan dan setelah diberi perlakuan dilanjutkan dengan diberi percobaan posttest. Populasi pada studi riset ini peserta didik kategori 2 SD Inpres Pandang- Pandang Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa merupakan 30 siswa dengan ilustrasi 15 siswa dalam kategori yang diberi perlakuan serta 15 siswa dalam kategori tanpa di bagikan perlakuan. cara pengumpulan informasi pada riset ini yakni riset, uji, dan pemilihan. Hasil riset riset menampilkan bila pada umumnya nilai hasil pretest dikala saat sebelum diberi perlakuan dalam siswa kategori penelitian 52, 00 dan siswa kategori control sebesar 58, 33. sebaliknya hasil pada umumnya posttest setelah diberi perlakuan dalam siswa kategori uji eksperimen 76, 00 dan dalam siswa kategori control 63, 33 dengan hasil itu sampai informasi analisa dengan menggunakan percobaan t ilustrasi independent diperoleh sig( 2- tailed) sebesar 0, 019<0, 05 menampakkan bila ada perbandingan angka pada umumnya dalam ke2 kategori dengan t jumlah 2, 488 langkah signifikansiα= 0, 05 sehingga diperoleh t bagan merupakan 2, 04841( t jumlah t bagan) dengan semacam itu H0 ditolak dan H1 diperoleh. Bersumber pada hasil riset, dapat disimpulkan bila ada akibat pemakaian alat permainan kartu tutur untuk meningkatkan kemampuan membaca dalam kelas 2 di SD Inpres pandang- pandang Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa.

 

References

Abidin.(2010).Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Psikolinguistik.Jakarta Rineka Cipta.

Ahmad, Elwien.(2015). Implementasi Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar, (Online) Vol.24,No.5,(http://ap.fip.um.ac.id/wp-content/uploads/2015/05/volume-24-no.-564-71.pdf,diakses 6 November 2022 )

Dajani Suleman . dkk . (2021). Meningkatkan Kemampuan Siswa Membaca Permulaan Melalui Metode Scramble Di Kelas II SDN 3 Tibawa Kabupaten Gorontalo.Aksara Jurnal Pendidikan Nonformal.

Firawati.Pengaruh Penggunaan Media Kartu Kata Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I Sekolah Dasar, (online). (http://eprints.unm.ac.id/19721/1/JURNAL%20SKIRPSI%20FIRA.pdf, diakses 5 November 2022 ).

Ina Manggalena.(2021).Analisis Pentingnya Keterampilan Berbahasa. ( Online ). Volume 3, Nomor 2, Agustus 2021; 243-252 (https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi diakses pada 2 Maret 2023.)

Musdalifah.(2016).Pengaruh Media Kartu Kata Terhadap Kemampuan Membaca Siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas 1 SD Inpres Kalebajeng kecamatan Bajeng, Kabupaten Gowa. Skripsi Tidak Di Terbitkan. Makassar; Unismuh Makassar.

Muhammad ali. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia Dan Sastra (Basastra) Di Sekolah Dasar. Univ. PGRI Palembang.

Muhammad Akhir. (2017). Penerapan Strategi Belajar Reciprocal Teaching terhadap Kemampuan Membaca pada Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, ( Online ), Vol. 1, No. 2 ( file:///C:/Users/LENOVO/Downloads/9313-18993-2-PB.pdf, diakses 1 Maret 2023 )

Muhammad Akhir. (2020). Junaedi.Bukemampuan Karakter di Sekolah Dasar.Makassar.

Rahman arif. (2020). Pengaruh Penggunaan Kartu Kata Terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas 1 Sdn 4 Kuranji. Skripsi Tidak Di Terbitkan. Mataram. Universitas Muhammadiyah Mataram.

Rahmayanti, Vina. (2016). Pengaruh Minat Belajar Siswa dan Persepsi atas Upaya Guru dalam Memotivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMP di Depok. Jurnal SAP, 1(2): 212.

Syamsinar ramdani. (2014). Pengaruh Penggunaan Media Kartu Kata Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Membaca Bahasa Indonesia Siswa Kelas I Di Sd Inpres Bontomanai Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Skripsi Tidak Di Terbitkan. Makassar; Unismuh Makassar.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif

Sugiyono.(2017). Metode Penelitian Pendidikan (pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Talizaro Tafonao.(2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Program Studi Pendidikan Agama Kristen, STT KADESI Yogyakarta.

Tarigan. (2008). Keterampilan Membaca. Bandung :Angkasa.

Widyatnyana .Rasna.(2021). Penerapan Model Discovery Learning Pada Materi Teks Cerpen Dengan Menggunakan Media Canva For Education. Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia.

Downloads

Published

30-05-2023