Pemanfaatan Media Sosial Instagram Dan Facebook Sebagai Media Komunikasi Dakwah Bagi Mahasiswa Komunikasi Penyiaran Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muslim Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.58738/qanun.v2i2.522Keywords:
Pemanfaatan media sosial, Instagram,Facebook dan dakwahAbstract
Media sosial merupakan salah satu tren berbasis Teknologi Informasi (TI) pada era Information Age atau Digital Era. Penelitian ini bertujuan; (1) Untuk mengetahui sejauh mana pemanfaatan media sosial dalam menyebarkan pesan komunikasi dakwah mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam FAI UMI, (2) Untuk mengetahui apa saja faktor penghambat dala memanfaatkan media sosial. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yakni dengan pendekatan studi kasus. Adapun instrument kunci dalam penelitian ini adalah peneliti itu sendiri dengan menggunakan pedoman wawancara, pedoman observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Mahasiswa KPI angatan 2020 yang termasuk dalam subyek penelitian menggunakan media sosial yakni Facebook dan Instagram. Dari sampel yang di ambil oleh peneliti, terdapat 10 orang dari 21 orang yang menggunakan media sosial sebagai media penyebaran pesan dakwah pada angatan 2020 jurusan KPI FAI UMI. Selain itu 8 orang lainnya merupakan tipikal orang-orang yang menggunakan media sosial dalam hal umum, baik tentang atifitas pribadi atau gambaran berita firal di sosial media, dan 3 orang tergolong pasif dalam menggunakan media sosial yakni Instagram dan Facebook.
References
Abdul Rahman, Ya’kub Dalam Dakwah di Sarawak, (Kuala Lumpur: Student Srepo, (2021)
Abdul, Aldana, Aisyah. Mahasiswa Komunikasi Dan Penyiaran Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muslim Indonesia. Pada tanggal 9 Agustus (2023)
Ahmad Rijali Jurnal Analisis Data Kualitatif. UIN Antasari Banjarmasin Vol. 17 No. 33 Januari – Juni (2018)
Ahmad, Muslimah. Jurnal Memahami teknik pengolahan dan analisi data kualitatif, Volume 1, Nomor 1 Desember (2021)
Carolina Ratri, Panduan Instagram Bisnis: Membuat Konten, Foto Dan Memanfaatkan Sebagai PR Bisnis, copyright (2020)
Dr. H. Zuchri Abdussamad, S.I.K., M.Si Metode Penelitian Kualitatif, Cetakan I, Desember (2021)
Dr. Syamsuddin, AB., S.Ag. M.Pd. Pengantar Sosiologi Dakwah, cetakkan ke-1, September (2016)
Fajar Nurdiansyah, Jurnal Purnama Berazam (Vol. 2, No 2, April 2021)
Fatoni Ningsih, Skripsi Pemanfaatan Media Sosial Facebook Sebagai Media Dakwah Pada Mahasiswa KPI Angkatan 2019 Di Universitas Muhammadiyah Mataram Tahun 2022
Habib hanafi, dkk., Artikel “Pengaruh Persepsi Kemanfaatan dan Persepsi Kemudahan Website UB terhadap Sikap Pengguna dengan Pendekatan TAM”. Terbitan 25 Oktober (2019)
Hafidz Muftisary, Dakwah di Media Sosial terbit digital (2021)
Jose Beno, Jurnal Saintek Maritim, (Volume 22 Nomor 2, Maret 2022)
Kementerian Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahnya, (bandung:CV Darus Sunnah, 2015).
Kustadi Suhandang, Strategi Dakwah, cetakkan pertama desember (2014)
Leon A. Abdillah, Peranan media sosial modern. Cetakkan I, Agustus (2022)
Nurdewi, Sentri: Jurnal Riset Ilmiah, (Vol.1, No.2 Oktober 2022)
Profil Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muslim Indonesia, Tahun (2022)
Renaldi Amiman, Peran Media Sosial Facebook Terhadap Kehidupan Masyarakat Di Desa Lalue Kecamatan Essang Kabupaten Kepulauan Talaud, (Manado; Jurnal Ilmiah Society Vol 2, 2022)
Septina Wulandari, Skripsi Facebook Sebagai Media Dakwah diterbitkan 10 agustus 2018
Sumadi Suryabrata, Metodologi Penelitian, (Jakarta : RajaGrafindo Persada 2018)
Welhendri Azwar Muliono, Sosiologi Dakwah, cetakkan ke-1, februari (2020)
Yusrina Rizka Fitriana, Sosial Media Deviantion, Ket I. cetakan pertama juli (2016)
Zakiyah Romadlany, Skripsi “Penggunaan Instagram Sebagai Trend Media Dakwah Masa Kini studi Akun Instagram Pondok Pesantren Nurul Jadid’’. tahun (2019)