PENGARUH KEGIATAN PARIWISATA TERHADAP PENGEMBANGAN WILAYAH STUDI KASUS KABUPATEN RAJA AMPAT

Authors

  • Ken Martina Kasikoen Universitas Esa Unggul

DOI:

https://doi.org/10.58738/kendali.v1i2.89

Keywords:

Tourism Activities, Gross regional Domestic Product, Growth Rate, Location Quotient Tourism Activities

Abstract

Pariwisata menjadi salah satu potensi pada suatu wilayah yang terus dimanfaatkan, karena diharapkan dapat mendorong pengembangan wilayah. Pengembangan wilayah dapat ditinjau dari berbagai aspek, seperti fisik, social maupun ekonomi. Aspek ekonomi merupakan salah satu aspek terpenting dalam menentukan indikator pengembangan wilayah. Kabupaten Raja Ampat, sebagai salah satu kabupaten di Provinsi Papua Barat, memiliki potensi wisata yang sangat besar, baik wisata alam maupun wisata budaya. Menyadari hal tersebut Pemerintah Kabupaten Raja Ampat telah menentukan visi pembangunannya yaitu “Terbangunnya Industri Pariwisata Dan Kelautan Secara Berkelanjutan Untuk Menopang Ekonomi Masyarakat”. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh kegiatan pariwisata terhadap pengembangan wilayah di Kabupaten Raja Ampat, dengan melakukan analisis aspek ekonomi dan pariwisata. Aspek ekonomi akan diukur berdasarkan laju pertumbuhan ekonomi dan analisis Location Quotient (LQ). Aspek pariwisata dianalisis dengan menggunakan kecenderungan perkembangan wisatawan yang berkunjung di wilayah tersebut serta fasilitas pendukung kegiatan wisata. Batasan peneitian ini adalah penggunaan data sampai tahun 2019 ketika Pandemi Covid 19 belum terjadi. Hasilnya menunjukkan bahwa seiring terjadinya kenaikan kegiatan pariwisata, kondisi ekonomi di Kabupaten Raja Ampat juga meningkat.

References

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Raja Ampat. Rencana Strategis Dinas Pariwisata 2012-2026. www.newnormal-rajaampat.com

Direktorat Tata Kota dan Daerah – Departemen Pekerjaan Umum, (1992). Studi Tipologi Kabupaten.

Ernan Rustiadi, Sunsun Saefulhakim, Dyah R Panuju. (2009). Perencanaan dan Pengembangan Wilayah. Crespent Press dan Yayasan Obor Indonesia, Jakarta.

Kabupaten Raja Ampat. Laporan akhir Revisi Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Daerah Kabupaten Raja Ampat, 2014.

Kabupaten Raja Ampat Dalam Angka Tahun 2019.

Kabupaten Raja Ampat Dalam Angka Tahun 2020.

Kabupaten Raja Ampat Dalam Angka Tahun 2022.

Lutfi Muta’ali, (2015). Teknik Analisis Regional untuk Perencanaan Wilayah Tata Ruang dan Lingkungan. Badan Penerbit Fakultas Geografi (BPFG) Universitas Gajah Mada Yogyakarta.

Provinsi Papua Barat Dalam Angka Tahun 2022

RPJMD Kabupaten Raja Ampat Tahun 2021-2026

Sangeeta Mangubbhai et.al, Review Papuan Birds’s head Seascape: Emerging threats and challenges in global center of marine biodiversity. Page 2279-2295. https://www.academia.edu/26425328/Mangubhai_etal_2012_Review_Birds_Head_Seascape

Downloads

Published

2023-02-23