PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN

Authors

  • Widiarti Lestariningsih Politeknik LP3I Jakarta
  • Helmi Azahari Politeknik LP3I Jakarta
  • Toto Parwono Politeknik LP3I Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.58738/kendali.v1i2.32

Keywords:

Kualitas Produk, Harga, Minat Beli

Abstract

Grab Food, Go-Food, dan Shopee Food adalah penyedia layanan pesan antar makanan. Cara memesannya juga mudah. Konsumen tinggal mengambil gadgetnya dan mulai masuk ke aplikasi Grab/Gojek/Shopee. Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner yang dibuat dalam Google Form. Jumlah responden yang mengisi Google Form sebanyak 144 responden. Variabel-variabel yang terkait dalam penelitian ini adalah X1 (Kualitas Produk), X2 (Harga) sebagai variabel bebas, dan Y (Minat Beli) sebagai variabel terikat.Penelitian ini dilakukan dengan uji validitas data, reliabilitas data, dan normalitas data. Untuk mendapatkan hipotesis penelitian dilakukan dengan cara uji signifikansi parsial (uji T), dan uji signifikansi simultan (uji F).Hasil Uji Signifikansi Parsial (Uji T) meliputi: (1). Kualitas produk berpengaruh terhadap minat beli masyarakat, karena tingkat signifikansi kualitas produk = 0,005 yang berarti lebih kecil dari 0,05 (p < 0,05). (2). Harga berpengaruh terhadap minat beli masyarakat karena tingkat signifikansi Price = 0,000 yang berarti lebih kecil dari 0,05 (p < 0,05).Dari uji signifikansi simultan (uji f) hasil kualitas produk dan harga secara simultan (Bersama-sama) berpengaruh signifikan terhadap minat beli masyarakat melalui Grab Food, Go-Food, dan Shopee Food.

References

Effendy, A. (2013). Pengaruh Customer Value Proposition Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Consumer Pack Premium Baru Bogasari. Jurnal Strategi Pemasaran. http://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-pemasaran/article/view/529

Fantini, E., & Azahari, H. (2021). Strategi Komunikasi Pemasaran Harbolnas untuk Meningkatkan Penjualan Toko Online di masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar STIAMI. http://ojs.stiami.ac.id/index.php/PS/article/view/1361

Foster, B., Johansyah, M. D., & City, B. (2019). The effect of product quality and price on buying interest with risk as intervening variables (study on Lazada. com site users). In International Journal of Innovation …. ijicc.net. https://www.ijicc.net/images/vol9iss12/91207_Foster_2019_E_R.pdf

Kotler, Philip & Armstrong, G. (2016). Prinsip-prinsip pemasaran. Alih Bahasa: Bob Sabaran (12th ed.). Erlangga.

Kotler, Philip & Keller, Lane, K. (2016). Manajemen Pemasaran, Alih Bahasa : Bob Sabran. Erlangga.

Lestariningsih, Widiarti. (2020). Pengaruh Pelatihan, Kompetensi, Dan Sistem Informasi Manajemen Terhadap Kinerja Staf Akademik di Politeknik LP3I Jakarta. Cikeas : STIE IPWIJA.

Mahemba, U., & Rahayu, C. W. E. (2019). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Dengan Kepuasaan Konsumen Sebagai Variabel Mediasi... Prosiding Seminar Nasional …. http://prosiding.respati.ac.id/index.php/PSN/article/view/234

Putri, A. D., & Astuti, S. R. T. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen Serta Dampaknya Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen (Studi Pada Blends Pasta & Chocolate Cabang …. Diponegoro Journal of Management. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/article/view/17481

Sangadji, Mamang, E. & S. (2013). Perilaku Konsumen Pendekatan Praktis. Andi.

Shiffman, L. dan K. (2007). Perilaku Konsumen. Edisi terjemahan Zoekifli Kasip. PT Mancana Jaya Cemerlang.

Tjiptono, F. (2016). Strategi Pemasaran. Andi.

Downloads

Published

2023-02-23