Strategi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru Di MTs. Muhammadiyah Layang Parang Layang Makassar

Authors

  • Sarmika Universitas Muslim indonesia Makassar
  • Andi Darmawangsa universitas muslim indonesia makassar
  • Bambang Sampurno universitas muslim indonesia makassar

DOI:

https://doi.org/10.58738/kendali.v2i1.298

Keywords:

Strategi kepala Madrasah, Kedisiplinan Guru, MTS mUhammadiyah

Abstract

Kedisiplinan guru merupakan suatu bentuk kesadaran setiap individu untuk mentaati dan mematuhi segala tata tertib atau peraturan yang telah dibuat dan tidak boleh dilanggar. Kepala madrasah adalah pemimpin utama dalam memajukan suatu madrasah yang dipimpinya. Penelitian ini mempunyai tujuan yaitu: 1) Mengetahui strategi kepala madrasah dalam meningkatkan kedisiplinan guru di MTs. Muhammadiyah Layang Parang Layang Makassar 2) Untuk mengetahui apa saja faktor penghambat dan pendukung dalam meningkatkan kedisiplinan guru di MTs. Muhammadiyah Layang Parang Layang Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yang menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan penelitian ini adalah kepala madrasah, wakil kepala madrasah guru. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, display data, dan pengambilan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Strategi yang digunakan kepala madrasah dalam meningkatkan kedisiplinan guru adalah membuat dan mensosialisasikan tata tertib, pengawasan kinerja guru, memberikan peringatan atau hukuman, mengikut sertakan pendidikan dan latihan seminar serta workshop, memberi penyegaran atau refreshing. 2) Faktor pendukung dan penghambat kepala madrasah dalam meningkatkan kedisiplinan guru disebabkan oleh dua hal yakni faktor internal dan eksternal madrasah. Adapun faktor pendukungnya seperti adanya kerja sama yang baik serta pemberian apresiasi terhadap guru yang sudah baik.

References

Abu Fida Al-Hafiz Ibn Katsir Al-Dimisqi, Tafsir Al-Qur’an Al-;Adzim, Jilid 4, Beirut: Dar-Al

Barnawi dan Mohammad Arifin (2012), Instrumen Pembinaan, Peningkatan dan Penilaian Kinerja Guru Profesional (Yogyakarta: A-Ruzz Media), hal. 109.

Dwiyanto, D. (2002). Metode Kualitatif: Penerapannya dalam Penelitian. Diakses dari: https://www. academia. edu/download/45555425/metode_kualitatif_penerapannya_dalam_penelitian. pdf (diakses pada 28 September 2019).

Hidayat, A., Sofyan, A., & Rahmi, A. (2022). STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM UPAYA MENINGKATKAN KINERJA GURU PADA MADRASAH ALIYAH NEGERI SE-KABUPATEN PANDEGLANG. JPPM Jurnal Penelitian dan Pengabadian Masyarakat, 1(1), 8-22.

Jamal Ma’mur Asmani (2013), Tips Menjadi Guru Inspiratif, Kreatif, dan Inovatif (Yogyakarta: Diva Press), hal. 22-23

Kibtiyah, M. (2022). Peran Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Disiplin Guru Di Madrasah. Al-Miskawaih: Journal of Science Education, 1(1), 27-48.

Lalu Fauzih Haryadi, Stretegi Kepala Sekolah Dalanı Meningkatkan kedisiplinan guru di SMP İslam Plus Darul Hukunıaini (Lombok Timur: Al-Nahdah, 2021), hal. 19.

Ludwig Klages, Kepemimpinan Pendidikan dan Kecerdasan Spritual (Jogjakarta: ArRuzz Media, 2013), h. 155

Mamik. (2015). Metodologi Kualitatif. Zifatama Pub

Sandu Siyoto. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Literasi Media Publishing.

Shihab, Q. (2012). Tafsir Al- Misbah, Pesan, Kesan, Dan Keserasian Al-Qur’an. Lentera Hati.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan ( Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D,. Alfabeta.

Undang-undang Republik Indonesia, (2003) Sistem Pendidikan Nasional (Bandung: Citra Umbara, hal.27.

Wahjosumidjo, (2003) Kepemimpinan Kepala Sekolah: Tinjauan Teoritik dan Permasalahanya (Jakarta: PT. Grafindo Persada), hal. 81

Downloads

Published

2023-07-27

How to Cite

Sarmika, Andi Darmawangsa, & Bambang Sampurno. (2023). Strategi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru Di MTs. Muhammadiyah Layang Parang Layang Makassar. KENDALI: Economics and Social Humanities, 2(1), 42–48. https://doi.org/10.58738/kendali.v2i1.298