Peranan Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru Di SDN 123 Banti Kecamatan Baraka Kabupaten Enrekang
DOI:
https://doi.org/10.58738/kendali.v2i1.231Keywords:
Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah, Meningkatkan KedisiplinanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan kompetensi manajerial kepala sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan guru serta faktor-faktor apa saja yang menghambat dan mendukung kompetensi manajerial kepala sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan guru di SDN 123 Banti Kecamatan Baraka Kabupaten Enrekang. Penelitian ini dilaksanakan di Enrekang tepatnya di SDN 123 Banti Kecamatan Baraka Kabupaten Enrekang yang berlangsung selama 28 Februari 2023 s/d 8 maret 2023. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, dokumentasi, dan observasi. Subjek dalam penelitian yaitu Kepala Sekolah dan Guru. Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti, bahwa peranan Kepala sekolah dalam meningkatkan kesiplinan guru, dan, serta faktor-faktor pendukung dan penghambat Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan guru di SDN 123 Banti Kec. Baraka, Kab. Enrekang. Itu sangatlah penting bagi kemandirian guru melalui dengan berbagai bentuk pembinaan, yaitu dengan bimbingan dan motifasi kepala sekolah terhadap guru dan juga dari kesadaran guru itu sendiri dalam mengembang amanah dan tangggung jawab sebagai tenaga pendidik yang seyokyanya menjadi contoh , teladang bagi siswanya, pembinaan kedisiplinan kemandirian sehingga Kepala sekolah, rekan guru serta siswa dapat melaksanakan kewajiban dengan sepenuh hati, yaitu datang tepat waktu, disiplin dari berbagai aspek dalam lingkungan sekolah sehingga menciptakan sekolah yang efektif dan disiplin waktu Penelitian ini mengguna kan metode penelitian kualitatif.
References
Abubakar, R. (2021). Pengantar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: SUKA-Press UIN sunan kalijaga.
Adrian, J. P. (2014). Peran Kepala Sekolah Sebagai Inovator Di Sekolah Menengah Pertama Negeri Kota Pariaman. jurnal Administrasi Pensisikan, 348.
Ahmad, S. (2013). Revitalisasi Peran Kepala Sekolah Sebagai Manajer Dalam Pengintegrasian Pendidikan Karakter Pada Pendidikan Dasar. Jurnal Al-Bidayah, 163.
Aris, W. S., & dkk. (2021). Profesi Kependidikan. Malang: Ahlimedia Press.
B Hamzah, U., & Nina, L. (2016). Tugas Guru Dalam Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Br, E. T. (2018). Meningkatkan kedisiplinan Siswa dalam Proses Belajar Mengajar Melalui Layanan Konseling Kelompok pada Siswa Kelas VII-3 Smp Negeri 1 Gebang Tahun 2017-2018. Tabularasa Pps Unimed, 272.
Candra, R. K. (2016). Kepemimpinan kepala Sekolah Dalam Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Guru. Jurnal Manajer Pendidikan, 413.
Febriana, R. (2019). Kompetensi Guru. Jakarta: Bumi Aksara.
Fitrah, M. (2017). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Penjaminan Mutu, 38.
Hendro, W. (2017). Keterampilan Manejerial Kepala Sekola . Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran , 85-93.
Ibrahim, A., & dkk. (2018). Metodologi Penelitian. Makassar: Gunadarma ilmu.
Ika, E. (2016). Pengaruh Layanan Informasi dan Bimbingan Pribadi Terhadap Kedisiplinan Siswa Kelas XII Ma Cokrominoto Wanadadi Banjarnegara Tahun ajaran 2014/2015. Bimbingan dan Konseling, 7.
Imam, A. K. (2016). Evaluasi Kinerja Guru Bersertifikasi. Jurnal Kelola, 226.
Irfan, Y. R., & dkk. (2015). Peran Kepala Sekolah Sebagai manajer Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di SMP 1 Cilawu Garur. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 126.
Ismuha, & dkk. (2016). Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru pada SD NEGERI LAMKLAT Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Administrasi Pendidikan, 49.
Ketut, A. J. (2012). Menjadi Kepala Sekolah yang Profesional. Yogjakarta: Group Penerbitan Cv Budi Utama.
Kompri. (2017). Standardisasi Kompetensi Kepala Sekolah. Jakarta: Kencana.
Masruroh, S. (2011). Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Masuk Kegiatan Belajar Mengajar Melalui Layanan Konseling Individu pada Siswa Kelas VII H Smp Negeri 4 Surakarta . Jurnal Pendidikan, 3.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Author

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.