PROSEDUR PRODUKSI PAKAIAN DI MASA PANDEMI (Studi Kasus CV Gerak Mandiri Jakarta Timur)

Authors

  • Fatimah Malini Lubis Politeknik LP3I Jakarta
  • Putri Ade Rizki Politeknik LP3I Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.58738/kendali.v1i1.14

Keywords:

Prosedur, Produksi, Pandemi

Abstract

Masa pandemi membuat sebagian besar perusahaan melakukan perubahan dalam menjalankan perusahaannya. Hal ini perlu dilakukan karena terdapat perubahan pola kerja dan pola permintaan konsumen terhadap suatu komoditas. Salah satu prosedur dalam sebuah perusahaan konveksi adalah proses produksi pakaian. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana prosedur produksi pakaian pada CV Gerak Mandiri, Jakarta Timur di masa pandemi. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa prosedur produksi pada CV Gerak Mandiri, Jakarta Timur terdiri dari penerimaan pesanan dari customer berlanjut ke persediaan bahan baku untuk proses penjahitan hingga ke tahap terakhir pengiriman barang yang dikirim oleh kurir ke customer dengan melampirkan dokumen pendukung seperti delivery order invoice dan faktur pajak. Prosedur produksi sudah disesuaikan dengan kondisi pandemi sehingga perusahaan dapat menjaga stabilitas keuangan perusahaan meski dalam masa pandemi.

References

Lubis, F. M. (2021). Tantangan Cara Bekerja Pegawai di Masa Pandemi: (Studi Kasus: Perusahaan Minyak dan Gas Bumi). Seminar Nasional Ilmu Sosial Dan Teknologi - SANISTEK, 1(1), 22–25.

Ridha, Mohammad ( 2021). “Prosedur Pengadaan Pelimpahan Wewenang Pada Divisi Pengelolaan Properti dan Umum PT ASDP Indonesia Ferry (Persero)” dalam Jurnal Administrasi Terapan Volume. 343 Nomor 2 (hlm 109) Jakarta: Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia.

Rony, Z. T. (2017). Siap Fokus, Siap Menulis Skripsi, Tesis, Disertasi (Jurus Mudah Gunakan Metode Kualitatif Tipe Studi Kasus). (S. Kusumawati, Ed.) (First). Jakarta: Pusat Studi Sumber Daya Manusia (PSSDM)

Downloads

Published

2022-07-30