PENGARUH PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM KARTU LITERASI TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS II PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA UPT SDN 9 BUJUNG TANGAYA

Authors

  • Nabila Maharani Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Asmiati Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Sri Wulandari Sekolah Dasar Negeri 9 Bujung Tangaya
  • Akidafitra Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Amri Amal Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Syamsuriyanti Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Ramlah Universitas Muhammadiyah Makassar

Keywords:

Pendidikan, Bahasa Indonesia, Siswa, Kartu Aksara

Abstract

Pendidikan sangat penting dalam kehidupan manusia karena berfungsi sebagai proses pengembangan diri bagi setiap individu. Setiap manusia berhak atas pendidikan, oleh karena itu pendidikan berlangsung terus menerus dan tanpa akhir. Jika ditelaah lebih mendalam, hasil belajar yang diperoleh siswa merupakan realisasi atau perluasan potensi keterampilan dan kualitas siswa. Penguasaan hasil belajar seseorang dapat dilihat dari perilakunya, baik berupa penguasaan pengetahuan, keterampilan berpikir, maupun keterampilan motorik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi membaca teks melalui penggunaan media pembelajaran kartu literasi pada siswa kelas II materi pembelajaran Bahasa Indonesia dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Mereka meningkatkan pelaksanaan proses pembelajaran di kelas dari siklus I dengan skor rata-rata 66 dalam kategori terlaksana penuh dan siklus II dengan nilai rata-rata 75 dalam kategori terlaksana sepenuhnya.

References

Arifin, Z dan Amran T. 2008. Cermat berbahasa Indonesia untuk perguruan tinggi. Jakarta: Akademika Pressindo.

Badudu, J. S. 1992. Cakrawala Bahasa Indonesia II. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan SD/MI Jakarta Depdiknas

Desmita. 2010. Psikologi Perkembanagan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Jihad, A dan Abdul H. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Muchlisoh. 1992. Materi Pokok Bahasa Indonesia 3. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Mulyati, Y. 2007. Keterampilan Berbahasa Indonesia SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Solchan. 2007. Pendidikan Bahasa Indonesia di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Subana, dan Sunarti. 2005. Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. Bandung: Pustaka Setia. Sumantri, M dan Nana S. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Universitas Terbuka.

Winaputra, et al. 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Zulela. 2012. Pembelajaran Bahasa Indonesia Apresiasi Satra Di Sekolah Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

02-02-2023