UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR BERUPA DONGENG PADA MURID KELAS III UPT SDN 9 BUJUNG TANGAYA KECAMATAN BUNGORO KABUPATEN PANGKEP

Authors

  • Ramdhini Putri Alfahira Ruslan Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Nur Nani Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Asriana M Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Anugrah Syarif Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Amri Amal Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Yusriati IKIP Muhammadiyah Maumere

Keywords:

Keterampilan Membaca, Media Gambar Berupa Dongeng

Abstract

Penelitian yang dilaksanakan merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca menggunakan media gambar berupa dongeng pada murid kelas III UPT SDN 9 Bujung Tangaya Kecamatan Bungoro Kabupaten Pangkep. Penelitian iniĀ  dilakukan dalam dua siklus yang mencakup empat kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah murid kelas III UPT SDN 9 Bujung Tangaya Kecamatan Bungoro Kabupaten Pangkep sebanyak 17 murid yang terdiri atas 9 orang laki-laki dan 8 orang perempuan. Teknik pengumpulan data adalah observasi, tes (evaluasi), dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif.

Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan keterampilan membaca menggunakan media gambar berupa dongeng pada murid kelas III UPT SDN 9 Bujung Tangaya Kecamatan Bungoro Kabupaten Pangkep. Hal ini dapat dilihat dari skor rata-rata keterampilan membaca pada siklus I 66 dan yang tuntas 10 murid atau 59%, dan skor rata-rata keterampilan membaca murid pada siklus II meningkat menjadi 82 dan yang tuntas sebanyak 17 murid atau 100%. Di samping itu juga, data hasil observasi disetiap siklus menunjukan adanya perubahan sikap murid kearah positif. Dari hasil analisis tersebut disimpulkan bahwa keterampilan membaca pada murid kelas III UPT SDN 9 Bujung Tangaya Kecamatan Bungoro Kabupaten Pangkep dapat ditingkatkan melalui media gambar berupa dongeng.

References

Agus suprijono. 2010. Cooperative Learning. Yogyakarta. Pustaka Media.

Ahiri, Hafid. 2017. Evaluasi Pembelajaran dalam Konteks KTSP. Bandung: Humaniora

Arikunto, Suharsimi. 2016. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Baiq Halimatuz Zuhrotul Aini. 2019. Peningkatan Kemampuan Membaca Menggunakan Media Gambar Siswa Kelas Satu SDN 3 Suralaga Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Vol. 1, No. 2, Desember 2019, Hal. 65-75.

Gina Purwati, Dyah Lyesmaya, Iis Nurasiah. 2019. Peningkatan Keterampilan Membaca Nyaring Melalui Media Cerita Bergambar Di Kelas Rendah. Jurnal Perseda Vol 2, No. 3.

Gusti Ayu Putu Pradnya Paramita, Anak Agung Gede Agung, Ida Bagus Gede Surya Abadi. 2022. Buku Cerita Bergambar Guna Meningkatkan Keterampilan Membaca Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas III SD. Jurnal Mimbar Ilmu. Volume 27, Number 1, 2022 pp. 11-19 P-ISSN: 1829-877X E-ISSN : 2685-9033 Open Access: https://doi.org/10.23887/mi.v27i1.45499.

Hantauruk. 2018. Strategi dan Model Pembelajaran. Jakarta: Indeks

Huda, Miftahul. 2011. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belaja.

Joyce, Bruce, Marsha Weil dan Emily Calhoun. 1980. Models of Teaching (Model-model Pengajaran Edisi Kedelapan). Yogyakarta : Pustaka Belajar.

M. Ali, Asrial. 2022. Peningkatan Kemampuan Membaca Peserta Didik Kelas II SDN 136/I Semangkat Melalui Buku Cerita Bergambar. Jurnal Tonggak Pendidikan Dasar Volume 1 Nomor 1 2022 Hal. 1-10. Research & Learning in Elementary Education https://online journal.unja.ac.id/jtpd/about.

Sanjaya, W. 2011. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sardiman Arief S. 2018. Media Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Susanto, Ahmad. 2016. Pengembangan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada media Group.

Suyati Suyati. 2022. Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Kelas I Menggunakan Media Gambar Seri di SDN 014 Pengalihan Enok Indragiri Hilir. Jurnal primary Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 11 No 1. https://primary.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPFKIP/article/view/8816.

Rusman. 2011. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Rusmono. 2017. Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning Itu Perlu. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia

Downloads

Published

02-02-2023