MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COPERATIVE SCRIPT DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEMATIK KELAS VI UPTD SDN 38 BONTO PERAK

Authors

  • Hendra Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Mursyidatun Khairiyah Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Sumultiani Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Norah Faistah Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Ashar Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Sitti Johrah Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.58738/jkp.v1i2.80

Keywords:

Pendidikan, Model Pembelajaran Coperative

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah “untuk meningkatkan hasil belajar tematik dengan menggunakan model pembelajaran coperative script kelas vi uptd SDN 38 bonto perak, Pada Pelaksanaan P2K yang dilakukan di UPTD SDN 38 Bonto Perak, dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VI UPTD SDN 38 Bonto Perak sebanyak sebanyak 21 siswa yang dimana keseluruhan siswanya adalah 9 perempuan dan 12 laki-laki. Dilakukan sebanyak 2 siklus, siklus pertama sebanyak 3 pertemuan dan siklus kedua sebanyak 3 pertemuan. Evaluasi di kelas dilaksanakan dalam bentuk pertanyaan, dan soal evaluasi. Pada saat proses pembelajaran terjadi perubahan sikap siswa selama proses pembelajaran sesuai dengan hasil observasi yaitu dengan adanya penerapan pendekatan pembelajaran koperatif script   dapat meningkatkan rasa percaya diri siswa untuk bertanya baik kepada guru maupun kepada temannya tentang materi yang tidak dimengerti serta dapat meningkatkan kehadiran siswa. Sehingga, pembelajaran pendekatan koperatif script dalam pembelajaran tematik cocok digunakan di dalam kelas tersebut. Hal tersebut dapat dilihat dari meningkatnya hasil belajar siswa kelas VI UPTD SDN 38 Bonto Perak

References

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Daryanto, 2010. Media Pembelajaran. Bandung: PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Gunartha, I Wayan. 2007. Diktat Kuliah Evaluasi Hasil Belajar. Denpasar: Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) PGRI Bali.

Kemendikbud. 2013. Panduan Teknis Penilaian di Sekolah Dasar. Jakarta: Kemendikbud Dirjen Pendidikan Dasar.

Kosasih, E. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya.

Kunandar. 2012. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas.

Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2014. Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Jakarta: Kata Pena.

Martinis Yamin, Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi, (Jakarta: Gaung Persada Press, 2007)

Srani Hardini, Strategi Pembelaaran Terpadu (Yogyakarta: Familia, 2012) Solchan T. W., dkk. 2008. Pendidikan Bahasa Indonesia Di SD. Jakarta:Universitas Terbuka.

Susanti, Ni Luh Desi. 2013. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) Berbantuan Media Grafis Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar Gugus Srikandi Denpasar Timur Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi (tidak diterbitkan). Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha.

Yustiawati, I Dewa Ayu. 2015. Penerapan Pendekatan Saintifik dengan Penilaian Proyek untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara dalam Bahasa Indonesia dan Kemampuan Berpikir Kreatif Tema Cita-citaku Siswa Kelas IVA SDN 1 Ubung. Skripsi (tidak diterbitkan). Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha. 9

Downloads

Published

28-01-2023

How to Cite

Hendra, Mursyidatun Khairiyah, Sumultiani, Norah Faistah, Ashar, & Sitti Johrah. (2023). MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COPERATIVE SCRIPT DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEMATIK KELAS VI UPTD SDN 38 BONTO PERAK. JKP: Jurnal Khasanah Pendidikan, 1(2), 87–91. https://doi.org/10.58738/jkp.v1i2.80