UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS MENGGUNAKAN MEDIA MAKE A MATCH PADA KELAS I SDN 9 BUJUNG TANGAYA

Authors

  • Nurwana Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Sitti Hasmiyanti Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Nur Arsih Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Nur Hayana Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Amri Amal Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Syamsurianti Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Herlina Ismail Universitas Muhammadiyah Makassar

Keywords:

Membaca dan Menulis, Model Pemebelajaran Make-A Match, Siswa Kelas 1

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis melalui model pembelajaran Make A Match pada materi pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas 1. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yaitu sebuah kegiatan penelitian yang dilakukan di kelas sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis siswa Secara garis besar terdapat empat tahapan, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan (observasi), dan (4) refleksi. Peningkatan keterlaksaan proses pembelajaran di kelas dari siklus I dengan nilai rata-rata 66 dengan kategori terlaksana seluruhnya, dan pada siklus II dengan nilai rata-rata 75 dengan kategori terlaksna seluruhnya

References

Abduh. H. Harum, dkk. 2010. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Media Pembelajaran Make a Match.

Arikunto, Suharsimo. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. Bumi Aksara

Arsyad, Azhar. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Dimyati dan Mudjiono. 2009. belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Pertiwi, I. N., Sumarno, S., & Dwi, A. (2019). Pengaruh Model Make A Match Berbantu Media Kartu Bergambar terhadap Kemampuan Membaca dan Menulis. MIMBAR PGSD Undiksha, 7(3).

Putri Khoerunnisa, dkk. 2019. Analisis Model-model Pembelajaran. Universitas Muhammadiyah Tanggerang

Refa Anggreska. 2018. Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Universitas Jambi

Santosa, Puji, dkk. 2007. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta: Universitas Terbuka

Soegeng Ysh.A.Y. (2015). Etika Profesi Kependidikan. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sadiman, Arief. 2011. Media Pembelajaran dan Proses Belajar Mengajar, Pengertian Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Yudiwijanarko.2017. Model Pembelajaran Make a Match untuk pembelajaran yang menyenangkan.

Downloads

Published

24-01-2023