PENGEMBANGAN BAHAN AJAR EVALUASI PEMBELAJARAN BERBASIS PROJECT PADA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SEMBILANBELAS NOVEMBER KOLAKA

Authors

  • Nur Ihsan Universitas Sembilanbelas November Kolaka
  • Nasruddin Universitas Sembilanbelas November Kolaka
  • Andri Estining Sejati Universitas Sembilanbelas November Kolaka

DOI:

https://doi.org/10.58738/jkp.v1i2.77

Keywords:

Bahan Ajar, Evaluasi Pembelajaran, Project

Abstract

Bahan ajar merupakan bagian kelengkapan pembelajaran yang dapat membantu pendidik dan peserta didik dalam proses belajar mengajar. Mata kuliah Evaluasi Pembelajaran di lingkup Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Sembilanbelas November Kolaka (USN Kolaka) terdapat kendala belum adanya sumber belajar yang dikembangkan langsung oleh pengampu mata kuliah dan belum menerapkan model yang ditargetkan dalam Indikator Kinerja Utama 7 yaitu berbasis model Project Based Learning. Hal ini menyebabkan kelengkapan pembelajaran yang dirasakan mahasiswa dalam mendukung mata kuliah Evaluasi Pembelajaran kurang mencukupi. Hal ini menjadi dasar diperlukannya pengembangan bahan ajar Evaluasi Pembelajaran. Pemahaman dan aplikasi tentang Evaluasi Pembelajaran di lingkup FKIP, USN Kolaka yang dikembangkan sesuai keilmuan dan bernuansa Project yang kontekstual penting untuk dijadikan dalam bentuk bahan ajar cetak maupun E-Book. Tujuan penelitian dan pengembangan untuk menghasilkan produk bahan ajar mata kuliah Evaluasi Pembelajaran. Bahan ajar dikembangkan dengan tahapan pengembangan Borg and Gall. Tahapan terdiri atas 10 yaitu research and information collection, planning, develop preliminary form of product, preliminary field testing, main product revision, main field testing, operational product revision, operasional field testing, final product revision, dan dissemination and distribution. Bahan ajar hasil pengembangan divalidasi oleh ahli materi fokus isi, ahli materi fokus kurikulum, ahli desain peyajian bahan ajar, dan ahli bahasa. Bahan ajar yang telah divalidasi ahli diujicobakan dengan uji coba kelompok kecil dari beberapa mahasiswa yang tersebar di Program Studi lingkup FKIP, USN Kolaka yaitu Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Matematika, Pendidikan Geografi, Pendidikan Jasmani, PPkN, Pendidikan Kimia, Pendidikan Biologi, dan Pendidikan Fisika. Berikutnya dilakukan uji coba kelompok besar pada program studi tersebut. Hasil validasi dan uji coba dalam bentuk data tanggapan, saran, dan penilaian untuk revisi bahan ajar Evaluasi Pembelajaran sebagai prosedur pengembangan. Penelitian melibatkan dosen pengampu mata kuliah Evaluasi Pembelajaran di lingkup FKIP, USN Kolaka yang berjumlah 9. Data diambil dengan wawancara mendalam melalui format Focus Group Discussion. Pengembangan bahan ajar mata kuliah Evaluasi Pembelajaran diharapkan membantu mahasiswa dan dosen dalam proses perkuliahan. Output penelitian ditargetkan berupa bahan ajar mata kuliah Evaluasi Pembelajaran yang dipublikasikan pada Journal of Educatioan, Teaching, and Learning (JETL) Terakreditasi Sinta, Buku Ajar ber-ISBN yang diterbitkan Penerbit Anggota IKAPI yakni Deepublish, dan HKI Hak Cipta Buku. Hasil penelitian dan pengembangan pada tahap define didapatkan elaborasi materi dari sudut pandang evaluasi pembelajaran Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Matematika, Pendidikan Geografi, Pendidikan Jasmani, PPkN, Pendidikan Kimia, Pendidikan Biologi, dan Pendidikan Fisika. Tahap design atas saran validator desain terkait tampilan menarik dalam cover, judul bab, dan format isi buku ajar. Tahap develop menghasilkan draft untuk divalidasi kembali dan diujicobakan. Hasil ujicoba mahasiswa kelompok kecil didapatkan 78,33% atau kualifikasi baik. Hasil ujicoba kelompok besar didapatkan 77,00% atau kualifikasi baik dan terdapat revisi terkait tanda baca, huruf kapital, dan kata cetak miring atau kata asing. Masukan terkait dalam pengembangan bahan ajar ke depan agar ujicoba dilakukan pada kelompok umum yang lebih besar

References

Adriani, D., Kemala, P., Lubis, D., Andi, M., & Triono, A. (2019). Pengembangan Modul Mata Kuliah Evaluasi pembelajaranPendidikan Berbasis High Order Thinking Skill (HOTS). Jurnal Pendidikan Ekonomi, 12(1), 27–36. https://doi.org/10.17977/UM014v12i12019p027

Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Alperi, M. (2019). Peran Bahan Ajar Digital Sigil dalam Mempersiapkan Kemandirian Belajar Peserta Didik. Jurnal Teknodik, 23(2), 99–110. https://doi.org/10.32550/TEKNODIK.V0I1.479

Borg, W. R., & Gall, M. D. (2003). Education Rerearch: An Introduction. Library of Congress Cataloging in Publication Data.

Damayanti, N. A., & Dewi, R. M. (2021). Pengembangan Aplikasi Kahoot Sebagai Media Evaluasi Hasil Belajar Siswa. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(4), 1647–1659. https://doi.org/10.31004/EDUKATIF.V3I4.656

Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Departemen Pendidikan Nasional.

Fajri, K., & Taufiqurrahman, T. (2017). Pengembangan Buku Ajar Menggunakan Model 4D dalam Peningkatan Keberhasilan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 2(1), 1–15. https://doi.org/10.35316/JPII.V2I1.56

Faqiroh, B. Z. (2020). Problem Based Learning Model for Junior High School in Indonesia (2010-2019). Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, 8(1), 42–48. https://doi.org/10.15294/IJCETS.V8I1.38264

Febrianto, R., Puspitaningsih, F., & PGRI Trenggalek, S. (2020). Pengembangan Buku Ajar Evaluasi Pembelajaran. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 4(1), 1–18. https://doi.org/10.31537/EJ.V4I1.297

Harianto, E., Nursalam, L. O., Ikhsan, F. A., Zakaria, Z., Damhuri, D., & Sejati, A. E. (2019). The compatibility of outdoor study application of environmental subject using psychological theories of intelligence and meaningful learning in senior high school. Geosfera Indonesia, 4(2), 201–216. https://doi.org/10.19184/geosi.v4i2.9903

Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3/M/2021 tentang Indikator Kinerja Utama Perguruan Tinggi Negeri dan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Keputusan Rektor USN Kolaka Nomor 127/UN56/KP/2021 tentang Indikator Kinerja Utama USN Kolaka Tahun 2021

Kharisma, Y., & Asman, A. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Masalah Berorientasi pada Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Prestasi Belajar Matematika. Indonesian Journal of Mathematics Education, 1(1), 34–46. https://doi.org/10.31002/IJOME.V1I1.926

Lubis, M. A. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Komik untuk Meningkatkan Minat Baca PPKN Siswa MIN Ramba Padang Kabupaten Tapanuli Selatan. JURNAL TARBIYAH, 25(2). https://doi.org/10.30829/TAR.V25I2.370

Nida, R., Salam, A. M., & Haryandi, S. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Berbasis Multimodel pada Materi Alat-Alat Optik untuk Melatihkan Kemampuan Analisis Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(2), 107–122. https://doi.org/10.20527/JIPF.V5I2.2871

Oktariyani, O., & Juwita, R. P. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Inggris Berbasis Local Learning Pada Siswa Sekolah Dasar. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, 4(10), 103–115. https://doi.org/10.36418/SYNTAX-LITERATE.V4I10.755

Perwitasari, S., Wahjoedi, W., & Akbar, S. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Kontekstual. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(3), 278–285. https://doi.org/10.17977/JPTPP.V3I3.10623

Pujiastuti, H., & Haryadi, R. (2018, March 25). Interactive Math E-Book: An Alternative Learning Resources for 21st Century Learners. ICTES. https://doi.org/10.4108/EAI.21-11-2018.2282046

Purnomo, H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Materi Penilaian Otentik Mata Kuliah Evaluasi Pembelajaran. Didaktita Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 73–85. https://doi.org/10.30997/DT.V6I1.1634

Purnomo, H., Purnomo, H., & Wulandari, I. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Evaluasi Pembelajaran untuk Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Kuningan. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 3(6), 1204–1215. https://doi.org/10.33578/pjr.v3i6.7878

Qondias, D., Ada Winarta, I. K., & . S. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Pendekatan Saintifik pada Mata Kuliah Metodologi Penelitian. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(2), 145–148. https://doi.org/10.23887/jppp.v3i2.17393

Rahmawati, Y., & Vahlia, I. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis E Learning Pada Matakuliah Evaluasi Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(2), 169–177. https://doi.org/10.24127/AJPM.V6I2.1038

Reksamunandar, R. P. (2020). Pengembangan Bahan Ajar berbasis Kontekstual untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Sains Dasar Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Iqra’, 14(2), 205–222. https://doi.org/10.30984/JII.V14I2.1169

Ridwan, Syukri, M., & Umar, S. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Pecahan Berbasis Media Komputer untuk Perolehan Belajar Peserta Didik Kelas 3A. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 5(10), 1–14. https://doi.org/10.26418/JPPK.V5I10.16911

Silalahi, T., & Sitanggang, G. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Evaluasi Pembelajaran Materi Taksonomi Tujuan untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik dan Soft Skill Mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran. School Education Journal PGSD FIP Unimed, 8(2), 188–199. https://doi.org/10.24114/SEJPGSD.V8I2.10256

Sirojuddin, A. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Mind Mapping Berbasis ICT. Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 13–24. https://doi.org/10.31538/NDH.V1I1.4

Supriatini, Refson, & Mustofa. (2020). Pengembangan Alat Evaluasi Menggunakan Kahoot pada Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Siswa Kelas VII. Jurnal Bindo Sastra, 4(1), 48–62. https://doi.org/10.32502/JBS.V4I1.2206

Suwastono, A. (2011). Pengembangan Pembelajaran E-Learning Berbasis Moodle pada Mata Kuliah Penginderaan Jauh S1 Jurusan Geografi Universitas Negeri Malang. Tesis. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Suryawanto, A. M., & Lestari, W. (2021). Pemanfaatan Modul Tematik Sebagai Alat Evaluasi Pembelajaran Pada Saat Pandemi Covid-19. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 89–102. https://doi.org/10.23969/JP.V6I1.4006

Syafiudin, M., Sumarmi, S., & Astina, I. K. (2016). Pengembangan Modul Geografi Pariwisata Dengan Project Based Learning untuk Materi Ekowisata Pesisir dan Laut di Program Studi S1 Pendidikan Geografi Universitas Negeri Malang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(3), 347–353. https://doi.org/10.17977/JP.V1I3.6160

Vahlia, I. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis E Learning Pada Matakuliah Evaluasi Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(2), 169. https://doi.org/10.24127/ajpm.v6i2.1038

Vidanti, T. A. M., & Susilowibowo, J. (2021). Pengembangan bahan ajar berbasis aplikasi pada mata pelajaran praktikum akuntansi lembaga kelas XI. JURNAL MANAJEMEN, 13(3), 503–514. https://doi.org/10.29264/JMMN.V13I3.9697

Wibowo, E. J. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Tema Selalu Hemat Energi Berbasis E-Learning Untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa Tunarungu. Special and Inclusive Education Journal (SPECIAL), 1(2), 90–97. https://doi.org/10.36456/SPECIAL.VOL1.NO2.A2295

Wisman, Y., Effrata, E., & Tutesa, T. (2021). Penerapan Konsep Instrumen Evaluasi Hasil Belajar. Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang, 12(1), 1–9. https://doi.org/10.37304/JIKT.V12I1.105

Yayuk, E. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Pembelajaran Matematika Untuk Mahasiswa PGSD Semester 6. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(2), 172–182. https://doi.org/10.24246/J.JS.2019.V9.I2.P172-182

Yunarti, Y., & Ningsih, S. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Web dengan Menggunakan Adobe Dreamweaver Cs6 Pada Mata Kuliah Evaluasi Proses dan Hasil Pembelajaran Semester V Program Studi Teknologi Pendidikan Universitas Baturaja. Jurnal Ilmiah Matrik, 20(2), 119–128. https://doi.org/10.33557/JURNALMATRIK.V20I2.114

Zahro, U. C., & Khiyarusoleh, U. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab Berbasis Kearifan Lokal Brebes. Al Mi’yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 4(1), 73–84. https://doi.org/10.35931/AM.V4I1.437

Zakaria, L. M. A., Purwoko, A. A., & Hadisaputra, S. (2021). Penerapan Hasil Pengembangan Bahan Ajar Kimia Berbasis Masalah dengan Pendekatan Brain Based Learning Untuk Penilaian Keterampilan Berpikir Kritis Dan Literasi Sains Peserta Didik di SMAN 4 Praya. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(1), 67–72. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i1.566

Zidni, M., Nafi’a, I., Kuswandi, D., Kurniawan, C., Aulia, F., & Pembelajaran, T. (2021). Konsep Merdeka Belajar Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan. Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran, 1(1), 552–560. https://snastep.com/proceeding/index.php/snastep/article/view/10

Downloads

Published

24-01-2023

How to Cite

Nur Ihsan, Nasruddin, & Andri Estining Sejati. (2023). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR EVALUASI PEMBELAJARAN BERBASIS PROJECT PADA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SEMBILANBELAS NOVEMBER KOLAKA. JKP: Jurnal Khasanah Pendidikan, 1(2), 57–70. https://doi.org/10.58738/jkp.v1i2.77