PENERAPAN TEKNIK KOLASE DAUN-DAUNAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS SISWA KELAS II SD NEGERI 36 BIRING ERE
Keywords:
Keterampilan Motorik Halus, Teknik Kolase Daun-DaunanAbstract
Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilaksanakan pada siswa kelas II SD Negeri 36 Biring Ere. Penelitian ini dilakukan karena keterampilan motorik halus siswa kelas II SD Negeri 36 Biring Ere msih kurang. Hal ini dapat dilihat dari siswa yang masih belum bisa untuk memberi lem yang cukup pada objek yang akan ditempelkan sehingga lem tidak rapi, seperti keluar dari garis/gambar dan siswa menggunting daun menjadi lebih besar dari yang seharusnya sehingga siswa menjadi asal dalam menempelkan daunya. Oleh sebab itu peneliti menggunakan cara dengan menerapkan teknik kolase daun-daunan ini dalam meningkatkan keterampilan motorik halus siswa dan diperoleh hasil penelitian pada siklus I nilai rata-rata sebesar 5, pada siklus II meningkat sebesar 7. Penerapan teknik kolase daun-daunan berhasil meningkatkan keterampilan motorik halus siswa kelas II SD Negeri 36 Biring Ere. Hal ini dibuktikan dalam hasil penelitian ini yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil penelitian siklus I dan II
References
Afriyanti. 2012. Meningkatkan Keterampilan Menempel Melalui Permainan Kolase dari Bahan Alam Anak Tuna Grahita Ringan. E-JUPEKhu. vol. 1 No. 3.
Alfin, Jauharoti. Dkk. 2015. Pedoman Penulisan Skripsi Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Program Sarjana Strata Satu (S1) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negei Sunan Ampel Surabaya. Surabaya: Fakultas tarbiyah dan keguruan.
Anggraini, Fina Surya. Perkembangan Motorik AUD Teori & Aplikasinya. Surabaya: Kurnia Group Publishing, 2016.
Arifin, Zainal, 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan Filosofi, Teori dan Aplikasinya. Surabaya: Lentera Cendikia. Cet 6
Beal, Nancy. Dkk. 2003. Rahasia Mengajar Seni Pada Anak di Sekolah dan di Rumah. Yogyakarta: Pripoenbooks. Cetakan 1.
Ciolan, Laura Elena. 2013. Play to learn, Learn to play. Creating better opportunities for learning in early childhood, Procedia social and behavioral sciences. vol. 76 no. 2.
Hurlock, Elizabeth B. 1997. Perkembangan Anak. Jakarta: PT Gelkora Aksara Pratsma. Cet 5.
Najmiah, Annisak Lailatun. 2019. Penerapan Teknik Kolase Biji-Bijian Untuk Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Siswa Kelompok A Di Raudlatul Athfal Al-Hikmah Janti Jogoroto Jombang. Skripsi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.
Rokhma, Alif Nur Kholifa. 2019. Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Dasar Warna Melalui Media Finger Painting Pada Kelompok A Taman Kanak-kanak Dharma Wanita Sekardangan Sidoarjo Skripsi.
Samsudin. Pembelajaran Motorik Di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Pranada Media Grup. 2008.
Sumardiah, Fatimah. 2016. Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Kolase Daun Kering Pada Anak Usia 3-4 Tahun di PPT Mutiara Bunda Benowo Surabaya. Skripsi Universitas Negeri Surabaya.
Suyadi. sikologi Belajar PAUD. Yogyakarta: Pedagogia. 2010.
Yoni, Acep. Dkk. 2010. Menyusun Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Familia. cet 1.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Author

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.