PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI MODEL KOOPERATIF LEARNING TIPE STAD KELAS V UPT SDN 9 BUJUNG TANGAYA

Authors

  • Nur Thita Darmayanti Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Andi Mutiatul Awaliah Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Baso Rahmat Nurhidayatullah Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Helmi Arsyad Universitas Muhammadiyah Makassar

Keywords:

Pembelajaran Kooperatif, Hasil Belajar, Siswa Kelas V

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa kelas V dengan penerapan model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yaitu sebuah penelitian yang dilaksanakan didalam kelas sebagai upaya untuk mengkaji, menganalisa, secara kritis suatu rencana pembelajaran oleh guru, interaksi guru dengan siswa, serta bagaimana interaksi siswa dikelas. Peningkatan keterlaksanaan proses pembelajaran dikelas dari siklus I dengan nilai rata-rata 31,57% dengan kategori belum mencapai kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan, dan pada siklus II dengan nilai mencapai 52,63%. Hal ini berarti indikator penelitian telah tercapai dan tidak perlu melanjutkan pada siklus berikutnya.

References

Arabi, T. (2019). Penggunaan Metode Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Indonesia Siswa Kelas V SD Negeri 008 Pulau Lancang. GERAM, 7(1), 43-53.

Astuti, D. I. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 1(03), 213-219.

Dantes, N. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa Kelas V SD Tunas Harapan (Doctoral dissertation, Ganesha University of Education).

Esminarto, E., Sukowati, S., Suryowati, N., & Anam, K. (2016). Implementasi model STAD dalam meningkatkan hasil belajar siwa. BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual, 1(1), 16-23.

Febriani, W. I., & Effendi, M. S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran STAD (Student Team Achievement Divisions) terhadap Kemampuan Manganalisis Struktur Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Lubuklinggau. Diksa: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(1), 1-10.

Mpika, W. (2016). Meningkatkan Prestasi Belajar Membaca Pemahaman Murid Kelas Via SD Negeri 15 Baruga melalui Penerapan Model Kooperatif Tipe Stad. Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 9(2), 125-139.

SERIADI, I. N. (2017). Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Negeri 44 Cakranegara Semester Dua Tahun Pelajaran 2016/2017 Melalui Penerapan Pendekatan Cooperative Learning (CL) Tipe STAD. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 3(2), 31-40.

Siman, S. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III SDN TUMBANG TUAN 1. e-Jurnal Mitra Pendidikan, 2(10), 1170-1179. SURYANI, N. W. E., Marhaeni, M. P. A. N., &

Downloads

Published

21-01-2023