UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN MELALUI METODE BERNYANYI

Authors

  • Suci Rahmayani Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Nurmia Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Nurbia Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.58738/jkp.v1i2.63

Keywords:

Metode Bernyanyi, Hasil Belajar

Abstract

Rendahnya hasil belajar pada pembelajaran matematika pada siswa kelas I Di SDN 36 Biring Ere disebabkan kurangnya variasi metode dalam pembelajaran metematika sehingga mengurangi minat belajar pada pembelajaran matematika yang menyebabkan kurangnya kemampuan berhitung pada siswa kelas I. untuk mengatasi masalah tersebut, dilakukan penelitian tindakan kelas (PTK) melalui metode bernyanyi. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berhitung permulaan melalui metode bernyanyi pada kelas I di SDN 36 Biring Ere. Subjek penelitian adalah siswa berjumlah 23 orang, sumber data penelitian diperoleh dari data kualitatif berupa data hasil observasi aktivitas guru dan siswa serta data kuantitatif berupa data tes hasil belajar siswa.hasil penelitian siklus I diperoleh siswa yang tuntas secara individu sebanyak 14 siswa dari 23 siswa dengan ketuntasan klasikal sebesar 61% dan daya serap klasikal sebesar 73%. Sedangkan hasil penelitian siklus II mengalami peningkatan dengan jumlah siswa yang tuntas secara individu sebanyak 23 siswa dari 23 siswa yang mengikuti pembelajaran dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 100% dengan daya serap klasikal sebesar 90%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, pembelajaran menggunakan metode bernyanyi pada matapelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas I di SDN 36 Biring Ere.

References

Bhakti, Yuniar Rose, Nurul Khotimah. 2015. Meningkatkan Kemampuan berhitung 1-10 dengan Metode Bernyanyi Pada Anak Kelompok A. Universitas Negri Surabaya. Ejournal.unesa.ac.id. diakses 27 Oktober 2022

Elisa, Edi. 2016. Pengertian Media Pembelajaran. https://educhannel.id/blog/artikel/pengertian- media-pembelajaran.html. Diakses 22 oktober 2022.

Insani, I., Suleman, S. M., & Dhafir, F. 2016. Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPA Melalui Model Kooperatif Learning Tipe STAD Di Kelas 3 SD Inpres 1 Siney. Jurnal Kreatif Tadulako, 4(6), 117331

Ismayanti, Rani, Rizka, Muhammad Arif, Di, Kholissussa’. 2022. Pengaruh Metode Bernyanyi Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Pada Anak Usia Dini Di Paud Ibnu Salam. Jurnal Transformasi. Vol. 8 No. 1.

Novita, Rita, Hayati, Fitriah, Rasika,Resa. 2018. Implementasi Metode Bernyanyi Angka Dalam Mengembangkan Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Usia Dini. Seminar nasional pendidikan dasar.

Rachmawati, R.E. 2022 Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Menggunakan Media Kartu Angka Dan Metode Bernyanyi Pada Anak Usia Dini 5-6 Tahun Di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 43 Ciledug (Bachelors thesis, jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Ridwan, Awaluddin, Fajar. 2019. Penerapan Metode Bernyanyi Dalam Meningkatkan Penguasaan Mufradaf Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Raodhatul Athfal. Jurnal kependidikan. Vol. 13, No. 1, Juni 2019. 57-67.

Rochmah, Omah, Putri, Nilamsari kusumawati. 2021. Strategi TK Baitul Makmur dalam Masa Pandemi Covid-19 untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Kelompok B Media Balok. Jurnal Pendidikan dan Pengasuhan Anak. Vol. 2 No. 2 (2021) pages 75-81.

Sarjan N, Ujeng, Husain, Paudi, Ritman Ishak. 2016. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Alat Peraga IPA Kelas IV SD Inpres 1 Siney. Jurnal Kreatif Tadulako Online. Vol. 4 No. 6.

Ulfah, Fitria, Ropiq, Siti. 2022. Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Media Magic Ruler Puzzle Pada Kelempok B RA TANJUNG ASSALAM PAKENJENG. Jurnal Anaking. VOL.01; NO, 01; 2022.

Yanuarsari, Revita, Latifah, Ellah Dewi, Lisnawati. 2022. Meningkatkan Kemampuan Anak Dalam Berhitung Melalui Metode Bernyanyi Dengan Media Flash Cards. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Vol. 2 No. 2. Kabupaten Ciamis.

Downloads

Published

21-01-2023