UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN GAYA BELAJAR MATEMATIKA KELAS II SDN 36 BIRING ERE MENGGUNAKAN MODEL KNISLEY

Authors

  • Mardiana Universitas Muhammadiyah Makassar
  • S. Muh. Fadil Assagaf Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Herman Universitas Muhammadiyah Makassar

Keywords:

Hasil Belajar, Model Knisley, Peserta Didik

Abstract

Rendahnya kemampuan siswa dalam memahami konsep dan gaya belajar matematika kelas II SDN 36 Biring Ere disebabkan karena minimnya model dalam pembelajaran matematika sehingga minat belajar siswa kurang. Untuk mengatasi masalah tersebut, dilakukan Penelitian Tindakan Kelas melalui model Knisley. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan gaya belajar matematika menggunakan model Knisley kelas II SDN 36 Biring Ere. Subjek penelitian adalah siswa berjumlah 16 orang. Penelitian ini membuahkan hasil yang signifikan yakni meningkatnya hasil belajar murid kelas II SD Negeri 36 Biring Ere. Sumber data penelitian diperoleh dari hasil observasi guru dan siswa serta hasil tes belajar siswa. Hasil nilai rata-rata kemampuan koneksi matematika siswa pada siklus I pada kelas II yaitu 64,68. Sedangkan pada siklus 2 nilai rata-ratanya adalah 76,40. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa metode Knisley dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SDN 36 Biring Ere.

References

Apriatni, S., Nindiasari, H., & Sukirwan, S. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Knisley Terhadap Kemampuan Matematis Peserta Didik: Systematic Literature Review. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 3059-3077.

Kinach, M., B. (2002). Understanding and Learning to Explain by Representing Mathematics: Epistemological Dilemmas Facing Teacher Educators in the Secondary Mathematics “Method” Course. Journal of MathematicsTeacher Education, 5, 153-186.

Lestari, D., & Sardin, S. (2020). Efektifitas Model Pembelajaran Knisley Terhadap Penalaran Matematis Siswa. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 49-52.

Mulyatiningsih, Endang. "Metode Penelitian Tindakan Kelas." Ilmu Keolahragaan Nasional 8 (2019).

Mulyana, Endang. "Pengaruh model pembelajaran matematika knisley terhadap peningkatan pemahaman dan disposisi matematika siswa sekolah menengah atas program ilmu pengetahuan alam." Universitas Pendidikan Indonesia (2009).

Downloads

Published

21-01-2023