MENINGKATKATKAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA SISWA KELAS V UPT SD NEGERI 59 PANGKAJENE

Authors

  • Sulaeha HM Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Sulfah Yulianti Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Abdul Azis Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Jenita Ansar Universitas Muhammadiyah Makassar

Keywords:

Hasil Belajar, Talking stick, Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Model pembelajaran kooperatif tipe STAD

Abstract

Penelitian ini difokuskan pada permasalahan kurangnya motivasi dan kurang tertarik untuk mengikuti pembelajaran khususnya pembelajaran IPS. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu persentase ketercapaian indikator hasil belajar mengalami peningkatan pada setiap siklus. Hasil belajar siswa kelas V UPT SD Negeri 59 Pangkajene setelah diterapkan model pembelajaran Talking Stick  Adapun yang dianalisis adalah skor hasil belajar siswa yang diberikan pada setiap akhir siklus secara deskriptif, data mengenai perubahan sikap siswa yang diambil dari rekaman pengamatan, serta refleksi yang diberikan oleh siswa baik yang tertulis maupun komentar secara lisan. Berdasarkan data hasil belajar pada siklus pertama diatas dari 11 siswa dapat diketahui bahwa terdapat 4 (17%) orang siswa yang mendapat ketuntasan belajar. Sedangkan siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar berjumlah 7 (78%). Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa belum mencapai hasil yang optimal, masih banyak siswa yang belum mencapai KKM sekolah dan indikator keberhasilan. Berdasarkan data hasil belajar pada siklus kedua diatas dari 11 siswa dapat diketahui bahwa terdapat 18 (82%) orang siswa yang mendapat ketuntasan belajar. Sedangkan siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar berjumlah 2 (18%). Pada siklus kedua dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar nilai hasil belajar siswa serta pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Talking Stick  ini sudah dapat memenuhi indikator keberhasilan. Dengan menerapkan model pembelajaran Talking Stick dapat membawa perubahan positif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

References

Baharuddin dan Esa, N, W. 2015. Teori belajar dan pembelajaran Yogyakarta Artrazz media.

Husamah, dkk .2018. Belajar dan Pembelajaran. Malang: UMM PersKamarudin,

K., Irwan, I., & Daud, F. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pelajaran Pkn. Jurnal Basicedu, 5(4), 1847-1854.

Leasa, M., & Ernawati, Y. 2013. Penerapan Pendekatan Quantum Teaching untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V MIN 1 Batu Merah Ambon Prosiding FMIPA Universitas Pattimura, 168-176.

Mashadi, M. (2019). Peningkatan Perhatian dan Hasil Belajar PKn Materi Budi Pekerti melalui Metode Pembelajaran Talking Stick (Penelitian Tindakan Kelas Pada Peserta Didik Kelas I Semester 2 SDN NgiyonoTahun Pelajaran 2015/2016).JPI (Jurnal Pendidikai ndonesia): Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5(3), 109-115.

Nawanksari, S. (2020). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK PADA KOMPETENSI DASAR SANITASI BIDANG KECANTIKAN DI KELAS X SEKOLA MENENGAH KEJURUAN. Jurnal Tata Rias, 9(2).

Nurrita, T. 2018. Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. MISYKAT Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran Hadist Syari Ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171-210.

Siregar, S. (2017). Pengaruh model pembelajaran talking stick terhadap hasil belajar dan aktivitas visual siswa pada konsep sistem indra. BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan, 3(2), 100-106.

Downloads

Published

21-01-2023