Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Random Text Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Surah An-Nashr Pada Siswa Kelas 3 Sdn 7 Telaga Biru
Keywords:
Strategi Pembelajaran Aktif, Random TextAbstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk menginvestigasi efektivitas penerapan strategi pembelajaran aktif random text dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Metode pembelajaran ini didesain untuk meningkatkan keterlibatan siswa melalui penggunaan teks acak yang membuka ruang diskusi dan refleksi. Dalam penelitian ini, sebuah kelompok siswa akan diekspos pada metode pembelajaran ini secara terstruktur, sementara kelompok kontrol akan menggunakan metode konvensional. Melalui pengumpulan data hasil belajar sebelum dan sesudah penerapan metode, serta feedback dari siswa dan pengajar, penelitian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang mendalam tentang dampak strategi pembelajaran ini terhadap pencapaian hasil belajar siswa. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang berharga bagi praktisi pendidikan tentang pentingnya penerapan strategi pembelajaran aktif random text dalam meningkatkan interaksi dan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran. Dengan fokus pada keterlibatan siswa melalui teks acak, diharapkan metode ini dapat menjadi alternatif yang efektif dalam mengoptimalkan proses belajar-mengajar di kelas. Implikasi dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan landasan empiris yang kuat bagi pengembangan strategi pembelajaran yang lebih inovatif dan berorientasi pada hasil bagi pendidik dan pengambil kebijakan di bidang pendidikan.
References
Annas, A.N. (2017) ‘Manajemen Peserta Didik Berbasis Kecerdasan Spiritual Pendidikan Islam’, TADBIR: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), pp. 132–142.
Darmadi, H. (2015) ‘Tugas, peran, kompetensi, dan tanggung jawab menjadi guru profesional’, Edukasi: Jurnal Pendidikan, 13(2), pp. 161–174.
Hasibuan, N. (2015) ‘Pengembangan pendidikan Islam dengan implikasi teknologi pendidikan’, Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 1(2), pp. 189–206.
Mahirah, B. (2017) ‘Evaluasi belajar peserta didik (siswa)’, Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2).
RAMLAWATI, R. (2016) ‘Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VII A SMP Negeri 1 Pa’jukukang Bantaeng Tahun 2016’. universitas negeri makassar.