MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS 2 SDN 59 PANGKAJENE MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS)

Authors

  • Sri Rahayu Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Nur Qolbi Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Sri Astuti Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Nur Anggraeni Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Mayang Sari Universitas Muhammadiyah Makassar

Keywords:

Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions)

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas II UPT SD Negeri 59 Pangkajene Keluruhan Paddoang-Doangan Kecamatan Pangkajene sekaligus meningkatkan kerja sama antar siswa dalam pembelajaran Matematika melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions). Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dua siklus, setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan dan 1 pertemuan untuk pemberian evaluasi. terdiri  dari empat tindakan utama yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan Terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievenment Divisions) dimana pada siklus I dengan rata-rata presentasi aktivitas siswa 6,5% dan pada siklus II dengan rata-rata presentasi aktivitas siswa 7%. Begitupun dengan hasil ketuntasan belajar matematika siswa Kelas II SDN 59 Pangkajene Kabupaten Pangkep juga mengalami peningkatan. Pada siklus I, dari 9 siswa 3 siswa (33,3%) yang mencapai ketuntasan belajar, sedangkan pada siklus II sebanyak 7 (77,7%) siswa  yang mencapai ketuntasan belajar klasikal tercapai. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievenment Divisions) juga dapat melibatkan siswa secara lebih aktif dalam proses pembelajaran. Hal ini ditunjukkan dari peningkatan aktivitas dari siklus I ke siklus II.

References

Ashari. 2015. Skripsi Ashari Bab 2. (http://repo.iain-tulungagung.ac.id/2838/4/sekripsi%20bab2%20ashari.pdf).

Dian Ekwati. 2019. Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achiviment Division (STAD) pada mata pelajaran Matematika untuk peserta didik kelas V semester 2 SDN I Pacitan. Skripsi tidak diterbitkan. Malang : Universitas Negeri Malang.

Fathani, Abdul Halim, 2016. Matematika: Hakikat dan Logika. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media Hudoyo, Herman. 2013. Strategi Mengajar Belajar Matematika. Malang: IKIP Malang.

Ika Puspitasari. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas IV semester 1 di SD Negeri 9 Yogyakarta. Skripsi tidak diterbitkan. Malang : Universitas Negeri Malang.

Nur, Asma. 2016. Model Pembelajaran Kooperatif. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Shoimin, Aris. 2013. 68 Model Pembelajaran INOVATIF dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Downloads

Published

21-01-2023