PENGGUNAAN MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR UNTUK PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA
Keywords:
Keterampilan Membaca, Media Kartu Kata BergambarAbstract
Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilaksanakan pada siswa kelas I UPT SD Negeri 59 Pangkajene. Penelitian ini dilakukan sebab keterampilan membaca siswa kelas I UPT SD Negeri 59 Pangkaje’ne masih kurang. Terbukti dengan rendahnya nilai tes pratindakan membaca yang dilakukan oleh peneliti yakni masih banyaknya siswa yang belum mampu mengenali huruf yang ditandai dengan siswa hanya menghafal urutan abjad jadi ketika peneliti mengacak huruf, siswa akan berpura-pura berfikir lalu mengucapkan huruf secara asal-asalan. Ketika siswa diminta untuk membaca siswa tersebut akan mengalihkan perhatiannya lalu ribut di dalam kelas. Kalaupun dibantu oleh guru, siswa tersebut masih tetap terbata-bata dalam membaca. Oleh sebab itu peneliti memakai cara dengan menerapkan media kartu kata bergambar pada kelas I UPT SD Negeri 59 Pangkajene dan didapat hasil tes lisan siswa pada siklus I dengan persentase 39,19 % meningkat menjadi 67,16 % pada siklus II. Penerapan media kartu kata bergambar berhasil meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas I UPT SD Negeri 59 Pangkajene. Perihal ini dibuktikan dalam hasil penelitian ini yang menunjukkan yakni terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil penelitian siklus I dan II.
References
Arifah, W. (2012). Kefektifan Me Keefektifan Media Kartu kata Bergambar dalam Pembelajaran Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 SD N Kradegan Bayan Purworejo Tahun Pelajaran 2011/2012, Skripsi sarjana Pendidikan (Yogyakarta: UNY Yogyakarta, 2012), hlm. 16
Arikunto, S., Supardi, S., Suhardjono, S., (2021). Penelitian Tindakan Kelas: Edisi Revisi. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Atmawati, D. (2013). Teks sebagai media pembelajaran bahasa indonesia untuk mengembangkan kemampuan berpikir. www.hidayatjayagiri.net
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. 2011. Kamus Bahasa Indonesia buat Pelajar. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Efendi, T., & Suhardi, S. (2015). Peningkatan kemampuan membaca intensif lewat cooperative learning tipe STAD kelas VI SDN 8 Padang Laweh. Jurnal Prima Edukasia, 3(1), 97-107.
Gunawan, C.I. (2013). Pedoman menulis buku ajar dan referensi bagi dosen - IRDH
Irawati. (201)3. Penerapan Media Cetak buat Meningkatkan Keterampilan Membaca Intensif Makassar: FKIP Unismuh.
Maimunah Hasan. (2011). Pendidikan Anak Usia Dini. Jogjakarta: Diva Press.
Ronal L. Pratin. (2009). Kiat Nyaman Mengajar Didalam Kelas. Jakarta: PT Indeks.
Satriana, M., Heriansyah, M., & Maghfirah, F. (2022). The use of shared reading books in Indonesian early childhood. Education 3-13, 50(6), 777–788. https://doi.org/10.1080/03004279.2021.1912134
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Author

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.