IMPLIKASI METODE INQUIRY TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN TEMATIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH

Authors

  • Putri Dewi Nailin Niswa STAI Al Fithrah
  • Tuti Marlina STAI AL FITHRAH

Keywords:

Implications, Inquiry Methods, Thematic Learning

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meneliti implikasi penggunaan metode pembelajaran inquiri terhadap hasil pembelajaran tematik di kelas 3 MI Al Fithrah Surabaya. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan sebanyak II siklus, sebelum melakukan siklus I peneliti melakukan pra siklus yaitu observasi tempat dan wawancara guru pamong. Peneliti melakukan setiap siklus terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hal tersebut diulang pada siklus selanjutnya. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I berdasarkan uji test yang sudah dilakukan, berupa soal adalah rata-rata nilai 62,8. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata peserta didik dari hasil ujian dan test adalah 88,8 dengan persentase ketuntasa mencapai 94%. Jika dibandingkan kenaikan ketuntasan peserta didik sangatlah signifikan Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode inquiry ini dapat memberikan implikasi yang cukup besar terhadap hasil pembelajaran tematik di kelas 3 MI Al Fithrah Surabaya.

References

Abdullah. (2022) “Metode Inquiry dan Pembelajaran Fiqih” dalam Http://Stitqi.Ittifaqiah.Com/Metode- Inkuiri-Dan-Pembelajaran-Fiqh diakses 9 Januari 2022.

Anonim (2022) ”Manfaat Tematik” dalam https://voice-teacher.blogspot.com/2015/09/manfaat-dan- keuntungan-pembelajaran.html diakses 20 Juni 2022.

Muchlisin Riadi (2022) “Pembelajaran Tematik” dalam https://www.kajianpustaka.com/2020/06/pembelajaran-tematik.html diakses 21 Juni 2022. Alfiana Latifah Shibiyani (2022) “Penerapan Kurikulum 2013” dalam https://www.kompasiana.com/alfianals/54f98e5da33311f1068b53c2/penerapan-kurikulum-2013 diakses 24 Juni 2022.

Noehi Nasution dkk (1994) Psikologi Pendidikan Jakarta: Universitas Terbuka

Septi Dariyatul Aini dkk (2017) “Penerapan Metode Inquiry dalam Pembelajaran Matematika pada Pokok Bahasan Prisma” dalam Interaksi No 2, Vol 12. Juli, 8

Warpaatun. (2019) “Metode Penemuan (Inquiry) untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta didik dalam Mata Pelajaran Matematika” Dalam Edutrained No.2, Vol. 3, Oktober, 179.

Downloads

Published

21-01-2023