IMPLIKASI METODE INQUIRY TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN TEMATIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH
Keywords:
Implications, Inquiry Methods, Thematic LearningAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meneliti implikasi penggunaan metode pembelajaran inquiri terhadap hasil pembelajaran tematik di kelas 3 MI Al Fithrah Surabaya. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan sebanyak II siklus, sebelum melakukan siklus I peneliti melakukan pra siklus yaitu observasi tempat dan wawancara guru pamong. Peneliti melakukan setiap siklus terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hal tersebut diulang pada siklus selanjutnya. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I berdasarkan uji test yang sudah dilakukan, berupa soal adalah rata-rata nilai 62,8. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata peserta didik dari hasil ujian dan test adalah 88,8 dengan persentase ketuntasa mencapai 94%. Jika dibandingkan kenaikan ketuntasan peserta didik sangatlah signifikan Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode inquiry ini dapat memberikan implikasi yang cukup besar terhadap hasil pembelajaran tematik di kelas 3 MI Al Fithrah Surabaya.
References
Abdullah. (2022) “Metode Inquiry dan Pembelajaran Fiqih” dalam Http://Stitqi.Ittifaqiah.Com/Metode- Inkuiri-Dan-Pembelajaran-Fiqh diakses 9 Januari 2022.
Anonim (2022) ”Manfaat Tematik” dalam https://voice-teacher.blogspot.com/2015/09/manfaat-dan- keuntungan-pembelajaran.html diakses 20 Juni 2022.
Muchlisin Riadi (2022) “Pembelajaran Tematik” dalam https://www.kajianpustaka.com/2020/06/pembelajaran-tematik.html diakses 21 Juni 2022. Alfiana Latifah Shibiyani (2022) “Penerapan Kurikulum 2013” dalam https://www.kompasiana.com/alfianals/54f98e5da33311f1068b53c2/penerapan-kurikulum-2013 diakses 24 Juni 2022.
Noehi Nasution dkk (1994) Psikologi Pendidikan Jakarta: Universitas Terbuka
Septi Dariyatul Aini dkk (2017) “Penerapan Metode Inquiry dalam Pembelajaran Matematika pada Pokok Bahasan Prisma” dalam Interaksi No 2, Vol 12. Juli, 8
Warpaatun. (2019) “Metode Penemuan (Inquiry) untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta didik dalam Mata Pelajaran Matematika” Dalam Edutrained No.2, Vol. 3, Oktober, 179.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Author

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.