Hubungan Manajemen Kelas Terhadap Hasil Belajar Murid SD Inpres Batukaraeng Kecamatan Pajukukang Kabupaten Bantaeng
DOI:
https://doi.org/10.58738/jkp.v2i1.204Keywords:
Manajemen Kelas (X), Hasil belajar Murid (Y), Murid SDAbstract
Masalah utama dalam penelitian ini yaitu apakah ada hubungan manajemen kelas dengan hasil belajar murid SD Inpres Batukaraeng kecamatan Pajukukang kabupaten Bantaeng. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan Manajemen Kelas terhadap Hasil Belajar Murid kelas V. Penelitian dilaksanakan di SD Inpres Batukaraeng kecamatan Pajukukang kabupaten Bantaeng, dengan memilih kelas V, terdapat 25 orang murid sebagai sampel, sedangkan pengumpulan data menggunakan teknik kuisioner, observasi, dan dokumentasi.Untuk menjelaskan karakteristik responden menggunakan analisis persentase, sedangkan untuk menjelaskan deskripsi penelitian yang berkaitan dengan hipotesis dianalisis dengan menggunakan analisis; Korelasi Product Moment, Koefisien Determinasi, dan Uji signifikan. Setelah dilakukan analisa data hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: (1) Dari jawaban murid mengenai manajemen kelas guru, sebagian besar murid berpendapat bahwa guru SD Inpres Batukaraeng kecamatan Pajukukang kabupaten Bantaeng. Terdapat korelasi positif dan signifikan antara manajemen kelas dengan hasil belajar murid SD Inpres Batukaraeng kecamatan Pajukukang kabupaten Bantaeng. Manajemen kelas tersebut dapat mempengaruhi hasil belajar murid. Adapun dipengaruhi oleh faktor lain yaitu kurangnya interaksi dan latihan dalam kelas.
References
Ahmad Susanto (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta Pusat: Kencana.
Arikunto (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta Pusat: PT Rineka Cipta
Burton (2014). Teknik – Teknik Belajar dan Mengajar. Jakarta Pusat PT Rineka Cipta Buku Pedoman Penulisan Proposal/Skripsi PGSD
Carolyn M. Everstson, dkk (2011). Classrom Manajemen. Prenada Media.
Emzir (2012). Metodelogi Penelitian Pendidikan. Jakarta Pusat PT Rineka Cipta
Euis Karwati dan Donni Juni Priansa (2014). Manajemen Kelas. Bandung: Alfabeta.
FKIP Universitas Muhammadiyah Makassar. (2021). Panduan Penulisan Skripsi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Makassar.
Hasni Tuha (2018). Hubungan Manajemen Kelas Dengan Prestasi Belajar Siswa di SDN 2 Takalar. Jurnal Skripsi. Universitas Negeri Makassar.
Hasmira 2017, dengan judul Pengelolaan Kelas Terhadap Minat Belajar Murid di SDN 15 Bontonompo. Jurnal Skripsi. Universitas Muhammadiyah Makassar.
Hosnan (2014). Manajemen Belajar. Jakarta Pusat PT Rineka Cipta.
John W. Santrock, (2008). Psikologi Pendidikan. Jakarta Pusat PT Rineka Cipta
Kunandar (2013). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta Pusat PT Rineka Cipta
Lenniati (2018). Pengelolaan Kelas Terhadap Hasil Belajar Murid di SDN 5 Lembang Cina. Jurnal Skripsi. Universitas Muhammadiyah Makassar.
Muliani Azis (2011). Asas - Asas Manajemen. Jakarta Pusat: PT Rineka Cipta
Muhammad Surya (2013). Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Prenada Media.
Nunuk Suryani dan Leo Agung (2012). Strategi Belajar Mengajar. Yogjakarta: Ombak.
Ruswandi (2013). Pembelajaran Jarak Jauh. Jakarta Pusat PT Rineka Cipta.
Suharsimi Arikunto (2015). Manajemen Penelitian. Jakarta Pusat PT Rineka Cipta
Suryosubroto (2009). Manajemen Pendidikan di Sekolah. Jakarta Pusat PT Rineka Cipta
Sardiman (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta Pusat PT Rineka Cipta
Sugiyono (2008). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta Pusat PT Rineka Cipta
Sofan Amri (2011). Pengembangan dan Model Pembelajaran dalam Kurikulum. Jakarta Pusat PT Rineka Cipta
Slameto (2012). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta Pusat PT Rineka Cipta
Terry (2012). Prinsip-Prinsip Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.
Tim Pengembang MKDP Kurikulum dan Pembelajaran (2012). Manajemen Belajar. Prenada Media.