KALEB DAN KARAKTERNYA: OPTIMIS, JUJUR DAN KONSISTEN
DOI:
https://doi.org/10.58738/jkp.v1i2.145Keywords:
Jujur, Karakter, Kaleb, Konsisten, PemimpinAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami pentingnya menjadi seorang yang berkarakter walaupun minim akan dukungan komunitasnya, dalam hal ini ditunjukkan oleh tokoh Alkitab bernama Kaleb. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan kajian studi pustaka. Kaleb adalah salah satu pemimpin suku Yehuda yang ditugasi oleh Musa untuk melakukan pekerjaan pengintaian tanah perjanjian/tanah Kanaan. Uniknya Kaleb dan Yosua memberikan pernyataan yang berbeda dibandingkan dengan pernyataan teman-temannya yang lain, sehingga hal ini membawa Bangsa Israel dapat memasuki Tanah Perjanjian. Kaleb, walaupun masih muda mampu melakukan suatu tindakan yang merubah nasib bangsa Israel. Sebagai umat Tuhan tidak akan membatasi dirinya untuk tetap menunjukkan karakternya walaupun dalam situasi sebagai yang terkecil (minoritas), karena kebenaran tetaplah kebenaran.
References
Ellen G. White. (2011). Sejarah Para Nabi. Indonesia Publishing House.
Hidayatullah, M. F. (2010). Guru Sejati: Membangun Insan Berkarakter Kuat dan Cerdas. Yuma Pustaka.
Janes Sinaga, Sinambela, J. L., Ferinia, R., & Hutagalung, S. (2021). Karakter Kepemimpinan Musa Inspirasi Setiap Pemimpin. SCRIPTA: Jurnal Teologi Dan Pelayanan Kontekstual, 12(2), 123–136. https://doi.org/https://doi.org/10.47154/scripta.v12iNo.%202.137
Lembang, A. (2020). Karakter Kepemimpinan Kaleb Bagi Nilai Anti Korupsi Aparatur Sipil Negara. KINAA: Jurnal Kepemimpinan Kristen Dan Pemberdayaan Jemaat, 1(1), 16–26. https://doi.org/10.34307/KINAA.V1I1.6
Lusiana Sinambela, J., Sinaga, J., Pelawi, S., & Tinenti, M. L. (2022). Kepemimpinan Harun Pada Zaman Bangsa Israel. Asian Journal of Philosophy and Religion, 1(1), 29–36. https://doi.org/10.55927/AJPR.V1I1.431
M.F. Scheier., C. C. S., & M.W, B. (2002). Optimism, Pessimism and Psychological Well-being. American Psychological Association.
Poerwadarminta, W. J. . (2006). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Balai Pustaka.
Samongilailai, A. Y. (2021). Jejak Iman Kaleb bin Yefune (Bilangan 14:24). Religi: Jurnal Studi Agama-Agama, 17(2), 29–42. https://doi.org/10.14421/REJUSTA.2021.1702-03
Sinaga, J., Kurniawan, R. D., & Sinambela, J. L. (2022). Bukti Penyertaan Tuhan Melalui Perjalanan Bangsa Israel Menyeberangi Laut Teberau Berdasarkan Keluaran 13:17 – 14:1-31. LOGOS, 19(2), 143–152. https://doi.org/10.54367/LOGOS.V19I2.1985
Sinaga, J., Lucky tinenti, M., Maruli Hutabarat, B., Lusiana Sinambela, J., & Dompas Sompotan, D. (2022). Kajian Peran Penting Pendidikan Sekolah Advent Dalam Mengembangkan Tabiat dan Karakter Melalui Pratik Pembelajaran Di Sekolah sebagai Wujud Prestasi yang Dicapai. Journal of Education and Culture, 2(3), 30–37. https://doi.org/https://doi.org/10.58707/jec.v2i3.281
Sinaga, J., Lusiana Sinambela, J., Sompotan, D. D., Siswanto, D., Pandiangan, K., & Chandra Purba, B. (2023). Raising Responsible Children: Forms of Parental Concern in Providing Character Education. Indonesian Journal of Contemporary Multidisciplinary Research, 2(1), 17–28. https://doi.org/10.55927/MODERN.V2I1.2745
Sinaga, J., Sagala, R. W., Ferinia, R., & Hutagalung, S. (2021a). Peran Fundamental Gembala Bagi Guru Saat Pandemik Dalam Pembelajaran Online Berbasis Karakter: Tantangan Dan Sistem Pendukung. Jurnal Pendidikan Agama Kristen (JUPAK), 2(1), 13–35. https://ejurnal.sttkadesiyogyakarta.ac.id/index.php/jupak/article/view/61
Sinaga, J., Sagala, R. W., Ferinia, R., & Hutagalung, S. (2021b). Fungsi Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Pembentukan Karakter Anak di Sekolah Kristen. SESAWI: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 3(1), 58–73. https://doi.org/10.53687/SJTPK.V3I1.65
Syarbini, A. (2016). Pendidikan Karakter Berbasis Keluarga. Ar – Ruz Media.
Wahyu, D., Sinaga, J., & Sinambela, J. L. (2023). The Leadership Character of Moses in the Journey from the Red Sea to Mount Sinai: in the Application of Congregational leadership. Indonesian Journal of Interdisciplinary Research in Science and Technology, 1(2), 71–78. https://doi.org/10.55927/MARCOPOLO.V1I2.3650