Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Prestasi Belajar pada Anak Retardasi Mental di SDLBN Bangkinang Kota Tahun 2022

Authors

  • Ulfa Umami Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • M. Nizar Syarif Hamidi Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Nur Afrinis Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

DOI:

https://doi.org/10.58738/jhn.v1i2.283

Keywords:

Family Support, Learning Achievement, Children with Mental Retardation

Abstract

The worldwide prevalence of Mental Retardation (RM) is estimated at 2.3% of the entire population. The purpose of this study is the relationship between family support and learning achievement in SDLBBN Bangkinang Kota children in 2022. The total population is all parents of children with mental retardation grades I-VI at SDLB Bangkinang Kota with a total of 45 people for the 2022 period. The sample in the study This is part or representative of the population to be studied. The sampling technique uses total sampling. Measuring tool used is a questionnaire. The analysis used was univariate and bivariate, chi-square test. Based on the results of a study of 45 mothers who had children with mental retardation, most of the family support was not good, as many as 27 people (60%), the learning achievements of children with mental retardation were good, as many as 24 people (53.3%). Based on the statistical test with the chi-square test, it is obtained that p value = 0.001 ≤ (0.05) with a 95% confidence level, then Ho is rejected, which means it is significant. This means that there is a relationship between family support and learning achievement in children with mental retardation at Bangkinang City SDLBN in 2022. It is hoped that the results of this study can provide basic material for families to provide support to their children.



References

Achjar, K. A. H.. (2010). Aplikasi praktis asuhan keperawatan keluarga cetakan I.Jakarta:Sagung Seto.

Akbar, R. & Hawadi.(2011). Akselerasi (A-Z InfProg Percptn Belj). Jakarta: Grasindo

Ali,Z. (2010). Pengantar keperawatan keluarga. Jakarta:EGC.

Alwi H. dkk.(2005). Kamus besar bahasa Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Balai Pustaka.

Arifah dan Mayasari.(2009). Hubungan antara dukungan keluarga dengan prestasi belajar anak retardasi mental ringan di Sekolah Luar Biasa C Yayasan Sosial Setya Darma Surakarta. Artikel Ilmiah.

Aspuah. (2013). Kumpulan instrumen dan kuesioner untuk penelitian. Yogyakarta:Nuhamedika.

Azwar,S.(2011).Sikap dan perilaku.Dalam:Sikap Teori dan. Pengukurannya.2 nd ed. Yogyakarta:Pustaka Pelajar

Bahrudin. (2013). Hubungan antara motivasi belajar, sikap siswa dan pola gaya belajar dengan prestasi belajar bahasa arab siswa kelas XI SMA N 01 Pejagoan Kebumen.Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Darmaja. (2015). Hubungan antara sikap dan motivasi belajar dengan IPK mahasiswa Akbid Muhammadiyah Cirebon. Jurnal Ilmu Kebidanan, 5 (3).

Daruyani. (2013). Faktor-faktor yang mempengaruhi indeks prestasi mahasiswa FSM Universitas Diponegoro semaster pertama dengan motode regresi logistik biner. Prosiding Seminar Nasional Statistika. Universitas Diponegoro

Faradilla. (2013). Pengaruh Motivasi Dan Dukungan Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Tingkat II Prodi D-III Kebidanan Stikes U'budiyah Banda Aceh.Skripsi.Stikes U'budiyah Banda Aceh.

Friedman, M. M. (2010). Buku ajar keperawatan keluarga :Riset,teori dan paktek.Jakarta:EGC

Isjoni. (2007). Pendidikan sebagai investasi masa depan. Jakarta:Yayasan Obor Indonesia.

Kuncoroningsih. (2013). Hubungan antara sikap siswa dalam pembelajaran matematika dengan prestasi belajar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pabelan Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi. Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga.

LIPPI. (2007). Demokrasi Mati Suri. Jurnal Penelitian Politik, 4 (1).

Machfoedz,1. MS. (2008). Metodologi penelitian bidang kesehatan,. keperawatan, kebidanan, kedokteran, edisi ke 6. Yogyakarta: Fitramaya.

Mega.(2015).Hubungan dukungan keluarga dengan prestasi belajar pada anak Tunadaksa di Sekolah Luar Biasa Kota Gorontalo. Jurnal,1 (1).

Mahmudah. (2015). Pengaruh dukungan keluarga terhadap motivasi, minat dan pencapaian prestasi belajar (Program Studi Diploma III Kebidanan Akademi Kesehatan Karya Husada Yogyakarta). Skripsi. Universitas Sebelas Maret.

Mubarak, WI., (2011). Ilmu kesehatan masyarakat konsep dan aplikasi. Jakarta: Salemba Medika.

Muhibbin S. (2010). Psikologi belajar. Bandung:PT.Remaja Rosdakarya.

Munir. (2009). Hubungan antara dukungan orang tua dengan prestasi belajar anak retardasi mental di SDLB Negeri Tuban. Artikel Ilmiah. STIKES NU Tuban.

Novita. (2015). Hubungan motivasi dan dukungan keluarga terhadap IPK.Jurnal Ilmu Kebidnan,4 (5).

Notoatmodjo, S. (2007). Promosi kesehatan dan ilmu perilaku. Jakarta:Rineka. Cipta

___________. (2010). Metodologi penelitian kesehatan.Jakarta:Rineka.

Ormrod, J. E. (2008). Psikologi pendidikan jilid I. Jakarta:Erlangga

Prihatini. (2011).Hubungan sikap dan motivasi dengan prestasi belajar mata kuliah ketrampilan dasar praktek klinik Program Studi Diploma III Kebidanan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang. Skripsi. Universitas Sebelas Maret.

Ratnasari. (2014). Hubungan dukungan keluarga dan motivasi dengan prestasi belajar mahasiswa tingkat II Prodi DIII Kebidanan Stikes Aisyiyah

Yogyakarta Tahun 2014. Naskah Publikasi. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Aisyiyah Yogyakarta.

Riwidikdo. (2007). Metodelogipenelitian kesehatan. Jakarta.Bina Pustaka.

Sardiman. (2011). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta:Rajawali Press.

Sarwono. (2003). Psikologiremaja. Jakarta:PT.Raja Gravido Persada.

Setiawati. (2008). Proses pembelajaran dalam pendidikan kesehatan. Jakarta: TIM.

Slameto.(2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Sugiyono. (2010). Metode penelitian kuantitatif kualitatif & RND.Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N.S. (2006). Metode penelitian pendidikan. Bandung :PT.Remaja Rosda Karya.

Sumarno.(2012). Prestasi belajar ditinjau dari sikap belajar mahasiswa dan cara dosen mengajar dalam mata kuliah kewirausahaan program studi pendidikanakuntansi FKIP UMS angkatan 2008/2009. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sunaryo. (2004). Psikologi untuk keperawatan.Jakarta:EGC

Suryabrata. (2006). Psikologi pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo.

_________. (2008). Metode penelitian. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Undang-Undang RI 12 Tahun.(2012). Perguruan tinggi. Presiden Republik Indonesia.

Utami. (2012). Kontribusi sikap belajar mahasiswa dan persepsi mahasiswa tentang metode pembelajaran dosen terhadap prestasi belajar dalam mata kuliah akuntansi keuangan lanjut I Program Studi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2009/2010. Naskah Publikasi. Universitas Muhammadiyah Surakarta

Wahyudi.(2012). Pengaruh sikap belajar dan keaktifan mahasiswa dalam proses pembelajaran terhadap prestasi belajar mahasiswa pendidikan akuntansi FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta Tahun Akademik 2010/2011.Naskah Publikasi. Universitas Muhammadiyah Surakarta

Wulandhani. (2014). Teori dan pengukuran pengetahuan , sikap dan dukungan keluarga. Yogyakarta:Nuha Medika.

Downloads

Published

2023-11-20