Pola Pemasaran Buah Jeruk Hasil Perkebunan Masyarakat Di Kecamatan Besitang Kabupaten Langkat

Authors

  • Wahyu Ziaulhaq Sekolah Tinggi Agama Islam Aceh Tamiang
  • Anggi Nur Nisa Br. TJ Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia

Keywords:

Pola Manajemen Pemasaran, Buah Jeruk, Kecamatan Besitang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pola pemasaran buah jeruk hasil perkebunan masyarakat di kecamatan Besitang kabupaten Langkat. Tujuan penelitian ini sebagai edukasi kepada pembaca bahwa pemasaran merupakan hal yang paling penting agar distribusi buah jeruk bisa tersebar hingga keseluruh Kabupaten Langkat sehingga buah jeruk bisa diperoleh masyarakat dipasar dan petani mendapatkan keuntungan dari hasil pemasaran tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan antropologi dan sosiologi, Teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara tidak terstruktur, setelah data diperoleh data dianalisi secara ilmiah. Hasil penelitian yang telah ditemukan menunjukkan bahwa Pertama, jeruk memiliki nilai ekonomis sehingga tata kelola pemasaran nya merupakan hal yang paling penting. Kedua, buah jeruk tidak mampu  bertahan lama, hanya berkisaran beberapa minggu saja sehingga pemasarannya harus benar-benar terakomodir, ketiga. Pemasaran buah jeruk didistibusikan     kepasar-pasar tradisional dan supermarket.

 

References

Ariyanto, S. E., & Pujiwati, R. (2020). ( Citrus Sp . ) Di Kabupaten Pati Pamelo Orange Agribusiness Development " Bageng Taji " ( Citrus Sp .) in Pati Regency. 6–15.

Djaelani, S., Asyari, Y., Yuliani, Y., & Suryadi, H. (2020). Strategi Pemasaran Buah Jeruk Petani Melalui Bumdes Desa Karang Bunga Kecamatan Mandastana. Humanism : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 81–92. https://doi.org/10.30651/hm.v1i2.5396

M. Idris, & Wahyu Ziaulhaq. (2022). Model Komunikasi Penyuluh Agama Islam Dalam Memperkokoh Kualitas Pengetahuan Pemuda yang Majemuk Melalui Pendekatan Humanis Di Kecamatan Besitang Kabupaten Langkat. SOSMANIORA: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 1(1), 16–22. https://doi.org/10.55123/sosmaniora.v1i1.187

Riyadh, M. I. (2018). Analisis Saluran Pemasaran Lima Pangan Pokok dan Penting di Lima Kabupaten Sumatera Utara. Jurnal Ekonomi & Kebijakan Publik, 9(2), 161–171.

Wahyu Ziaulhaq. (2020). Urgensi Komunikasi Keluarga Dalam Penguatan Keluarga Sakinah (Kecamatan Besitang). WARAQAT : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 5(1), 13. https://doi.org/10.51590/waraqat.v5i1.100

Wahyu Ziaulhaq. (2022). BENTUK KOMUNIKASI BIMBINGAN PERKAWINAN (BINWIN) TERHADAP CALON PENGANTIN. 1(1), 13–19.

Ziaulhaq, W. (2019). Komunikasi Politik Partai Persatuan Pembangunan (Ppp) Dalam Pemberdayaan Masyarakat Petani Di Kabupaten Langkat. AL-BALAGH: Jurnal Komunikasi …, 1–110. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/balagh/article/view/5749

Ziaulhaq, W. (2022a). Model Hubungan Interpersonal Masyarakat Muslim Dan Non Muslim Guna Menjaga Kerukunan Umat Beragama Pada Kecamatan Besitang Kabupaten Langkat Wahyu. 1(1), 6–12.

Ziaulhaq, W. (2022b). Pola Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Menjaga Kualitas Kerja Guru Di Massa Pandemi Covid 19. Al-Munadzomah, 1(2), 91–96. https://doi.org/10.51192/almunadzomah.v1i2.319

Ziaulhaq, W. (2022c). Use of Video Shows as Learning Media During the Covid 19 Pandemic Mass at Madrasah Aliyah Preparations for Besitang Country Penggunaan Tayangan Video Sebagai Media Pembelajaran Pada Massa Pandemic Covid 19 di Madrasah Aliyah Persiapan Negeri Besitang. 1(1), 47–56.

Zuhran, M., Mudjiono, G., & Puspitarini, R. . (2021). Pengaruh Praktik Budidaya Jeruk terhadap Intensitas Penyakit Huanglongbing ( HLB ) di Kabupaten Sambas , Kalimantan Barat The Effect of Citrus Farming Practices on Huanglongbing ( HLB ) Disease Severity. J.Hort.Indonesia, 12(2), 108–116.

Downloads

Published

2023-04-07