FACTORS AFFECTING THE DECISION OF THE COMMUNITY OF TANJUNG PRIOK DISTRICT USING ONLINE TRANSPORTATION (GOJEK)

Authors

  • Iis Kartini Politeknik LP3I Jakarta
  • Featy Octaviany Politeknik LP3I Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.58738/jacta.v1i1.19

Keywords:

Transportation, Online Transportation, Gojek

Abstract

This study aims to finds out what factors make the people of Tanjung Priok decide to use online transportation (Gojek). Gojek and Opang (Ojek Pangkalan) drivers are parties who have an obligation to take passengers to their destinations and get the right in the form of payments from passengers. Passengers are parties who have the right to be delivered to the place they want to go and have an obligation to provide wages to the driver. All data used in this study were obtained from interviews asked by researchers and answered by several sources, both from the driver and passenger side. Data analysis techniques used are interviews, observations and do some documentation, reduce data and present the data given in the form of a brief description of the results of interviews with several sources. The results showed that the price factor was the most influential factor in the Tanjung Priok community's decision to use online transportation (Gojek). Other factors such as the services provided by the driver also influence the Tanjung Priok community's decision to use online transportation (Gojek).

References

Adriansyah. (2015) Manajemen Transportasi Dalam Kajian dan Teori, Penerbit Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Prof. Dr. Moestopo Beragama.

Aini, Q. (2014) Respon Perilaku Konsumen Pasar Tradisional Merjosari dan Pasar Modern di Kota Malang (Tinjauan Pendekatan Harga). (Skripsi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang).

Anggraini, N. F. (2017) Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Konsumen Menggunakan Jasa Ojek Online. (Publikasi Ilmiah, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Apsari, P. D., & Suparwati. (2017) Pengaruh Harga Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen di Salon Virlian di Sidoarjo, Jurnal Bisnis Indonesia Vol. 8(2), 109-118.

Aryani, F. (2014) Peran Peergroup Dalam Membentuk Gaya Hidup Konsumtif Remaja (Studi Kasus Pada Siswa SMA Negeri 7 Kota Bandung). (Skripsi, Universitas Pendidikan Indonesia Bandung)

Astutik, M., & Rusimamto, P. W. (2016) Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbantuan Software Lectora Inspire Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Teknik Listrik di SMK Negeri 2 Surabaya, Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. Vol.5(1), 107-114.

Azis, R., & Asrul. (2014) Pengantar Sistem dan Perencanaan Transportasi, Penerbit Deepublish

Azizah, A., & Adawia, P. R. (2018) Analisis Perkembangan Industri Transportasi Online di Era Inovasi Disruptif (Studi Kasus PT. Gojek Indonesia), Jurnal Humaniora Bina Sarana Informatika Vol.18(2), 149-156

Dae, A. (2017) Pengaruh Promosi dan Pengetahuan Konsumen Terhadap Keputusan Menjadi Anggota Bank Syariah di Bank Muamalat Kantor Cabang Pembantu Tulungagung. (Skripsi, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung)

Faroh, W. N. (2017) Anallisa Pengaruh Harga, Promosi, dan Pelayanan Terhadan Keputusan Pembelian (Studi Pemasaran Online Melalui Jejaring Sosial Facebook “Perawatan Wajah), Jurnal Ilmiah Prodi Manjemen Universitas Pamulang, Vol.4(2), 3-24.

Gojek (2021) “Produk dari Gojek” (https://www.gojek.com/id-id/products/), diakses 25 Mei 2021.

Handoko, B. (2017) Pengaruh Promosi, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Titipan Kilat JNE Medan, Jurnal Ilmiah Manajemen & Bisnis, Vol. 18(1), 61-72.

Hastuti, I. T., & Mudiantono. (2017) Proses Pengadaaan Sistem Kegiatan Penyimpanan Surat (Filling) Pada Bagian SDM dan Umum Kantor Perumnas Regional V Semarang. (Thesis, Universitas Diponegoro Semarang).

Hayati, R. (2020) “Pengertian Verifikasi Data, Tujuan, dan Contohnya” (https://penelitianilmiah.com/verifikasi-data/), diakses 30 Mei 2021.

Idayanti, D. (2020) Pengaruh Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Minyak Goreng Fortune (Studi Kasus di Swalayan Top Pare Kediri). (Skripsi, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri).

Kartika, W. (2019) Pengaruh Kehadiran Transportasi Online (Grab) Terhadap Pendapatan Angkutan Umum di Kota Bengkulu. (Skripsi, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu).

Khasanah, A. (2017) Implementasi Bimbingan Antara Sekolah Dasar dan Orang Tua Pada Siswa Agresif Kelas 2 SD Muhammadiyah 19 Kemlayan Tahun 2016/2017. (Skripsi, Universitas Muhammadiyah Surakarta)

Kurniawan, B. P. (2018) Pengaruh Services Quality dan Online Servisescape Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Brand Image (Studi Kasus Pada Mahasiswa FISIP Undip Pengguna Jasa Transportasi Online Go-Jek). (Skripsi, Universitas Diponegoro).

Kurniawan, D., & Kunto, Y. S. (2013) Pengruh Promosi dan Store Atmosphere Terhadap Impulse Buying Dengan Shopping Emotion Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus di Matahari Departement Store Cabang Supermall Surabaya), Jurnal Manajemen Pemasaran Petra Vol. 1(2), 1-8.

Kuspriyanti, V. (2017) Analisis Pengaruh Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah Pada PT. Asuransi Multi Artha Guna, Tbk Cabang Yogyakarta. (Skripsi Thesis, Universitas Mercu Buana Yogtakarta)

Mar’ati, N. C., & Sudarwanto. T. (2016) Pengaruh Kualitas Layanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Transportasi Ojek Online (Studi Pada Konsumen Gojek di Surabaya, Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) Universitas Negeri Surabaya, Vol. 4(3), 1-12.

Muhammad, D. (2018) Pengaruh Bauran Promosi (Periklanan, Promosi Penjualan, dan Penjualan Perorangan) Terhadap Keputusan Konsumen Menggunakan Jasa Travel Umroh PT. Pandi Kencana Murni (PaKeM Tour) Pekanbaru. (Skripsi, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).

Nisa’, C. U. (2020) Peranan Program Rumah Pangan Kita (RPK) Badan Urusan Logistik (BULOG) Dalam Stabilisasi Harga Pangan di Kota Kediri. (Skripsi, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri).

Nufus, L. H. (2012) Penerapan Model Cooperative Learning Type Jigsaw Dalam Pembelajaran IPS Tentang Konsep Ekonomi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SDN, Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV SDN Teras Bendung 2 Kecamatan Kragilan Kabupaten Serang Provinsi Banten. (Skripsi, Universitas Pendidikan Indonesia)

Paisal, M. (2015) Pelaksanaan Pelayanan Karyawan PT. Antar Lintas Sumatera Pekanbaru Ditinjau Menurut Ekonomi Islam. (Skripsi, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).

Pratiwi, N. I. (2017) Penggunaan Media Video Call Dalam Teknologi Komunikasi, Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial Vol.1(2), 202-224.

Purnomo, R. (2014) Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen di KPRI Al-Kautsar UIN Sunan Ampel Surabaya (Studi Kasus Pelayanan Minimarket Tahun 2013). (Skripsi, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya)

Putri, U. M., Amin, M., & Warjio. (2019) Development of Online Transportation Services: Effectiveness and Efficiency of the Grabbike Applications for Society in Medan City, International Journal of Research in Business and Social Science. Vol.8(4), 71-78.

Resnanda, E. (2018) Upaya Guru Dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa Belajar Pada Mata Pelajaran Al-qur’an Hadis (Studi Kasus di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Tulungagung). (Skripsi, Institute Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung).

Riswanda, A. (2019) Dampak Keberadaan Transportasi Online Terhadap Pendapatan Transportasi Konvensional (Studi Kasus Penarik Becak di Banda Aceh). (Skripsi, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh)

Saputra, A. (2017) Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Servicescape Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Jasa Servis di PT. Agung Automall SM. Amin Pekanbaru. (Skripsi, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru).

Suhada, M. G. B. (2019) Biaya Operasional Kendaraan Bus Trayek Bandung – Semarang Dengan Tiga Alternatif Rute. (Tugas Akhir, Institut Teknologi Nasional Bandung)

Tama, S. B. M. (2020) Kajian Pemilihan Moda Bus dan Kereta Api Rute Surabaya – Malang. (Tesis, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya).

Triana. (2016) Tinjauan Harga Pada Produk Tupperware. (Laporan Akhir, Politeknik Negeri Sriwijaya Palembang).

Wiro. (2018) Pengaruh Promosi di Instagram dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Berkunjung di Pariwisata Puncak Mas Bandar Lampung. (Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya Bandar Lampung)

Wibisono, T., Universari, N., & Utaminingsih, A. (2017) Faktor-Faktor yang Memengaruhi Pengguna Transportasi Gojek di Kota Semarang : Sebuah Analisis Kualitatif, Jurnal Dinamika Sosial Budaya, Vol.19(2), 277-285.

Downloads

Published

2022-07-30