Kesalahan Berbahasa Indonesia Pada Mahasiswa Penutur Asing Di Indonesia Berdasarkan Studi Pendahuluan

Authors

  • Rd Bily Parancika Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.58738/human.v1i2.508

Keywords:

kesalahan berbahasa, penutur asing, berbahasa Indonesia

Abstract

Penelitian ini merupakan rangkuman kasus-kasus kesalahan berbahasa Indonesia pada mahasiswa penutur asing di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik studi pendahuluan sebagai media pengumpulan data. Adapun objek yang digunakan dalam penelitian ini adalah karya penelitian terdahulu. Berdasarkan hasil analisis sebagian besar kesalahan terjadi pada bidang sintaksis yang meliputi ejaan, kalimat yang tidak efektif dan bentuk-bentuk yang keliru. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa perbedaan bahasa ibu dengan bahasa asing mendominasi cara seseorang dalam berbahasa. Dengan demikian, evaluasi setelah pembelajaran perlu dilakukan agar dapat meminimalisir kesalahan-kesalahan tersebut. Oleh karena itu, prinsip-prinsip rujukan pembelajaran BIPA perlu dijadikan pedoman dalam pembelajaran, sehingga domain materi pembelajaran pada awal kursus atau pembelajaran untuk mahasiswa penutur asing yang benar-benar belajar dari nol harus berfokus terlebih dahulu pada kosa kata bertahan hidup, kegiatan sehari-hari, dan lingkungan sekitarnya.

References

Anjarsari, Nurvita, dkk. (2013). Analisis Kesalahan Pemakaian Bahasa Indonesia dalam Karangan Mahasiswa Penutur Bahasa Asing di Universitas Sebelas Maret, dalam Jurnal BASASTRA Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya, Volume 2 Nomor 1, April 2013, ISSN 12302-6405.

https://squline.com/berbanggalah-ini-kelebihan-bahasa-indonesia-di-mata-dunia/

https://www.kompasiana.com/arian.gurbantara/584810e25b7b61b10ce02f9b/ bahasa-indonesia-di-mata-negara-dan-dunia

http://badanbahasa.kemdikbud.go.id/lamanbahasa/content/bahasa-indonesia-menuju-bahasa-internasional

Indrariani, Eva Ardiana. (2011). Strategi Komunikasi Mahasiswa Asing dalam Interaksi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia (Studi Kasus Mahasiswa Program Darmasiswa Undip Tahun 2010/2011), dalam Jurnal Parole, Vol. 2 No. 1, April 2011.

Kusmiatun, Ari, dkk. (2017). Identifying Features of Indonesian for Speakers of other Languages for Academic Purposes, dalam International Journal of Social Science and Educational Studies (Vol. 3, No: 4, June).

Nugraha, Satya Tri. Kesalahan-kesalahan Berbahasa Indonesia sebagai Bahasa Asing: Sebuah Penelitian Pendahuluan, dalam http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/JENIS%20KESALAHAN%20BERBAHASA.pdf diakses pada 12 Desember 2018 pukul 21.20

Rusiyono, Ruwet dan N. Nurhadi. (2018). Analisis Kesalahan Ejaan, Sintaksis, dan Persepsi terhadap Indonesia pada Naskah Mini Project Mahasiswa Tiongkok, dalam Jurnal Lingtera, 5 (1), 2018, 49-60.

Saddhono, Kundharu. (2012). Kajian Sosiolinguistik Pemakaian Bahasa Mahasiswa Asing dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) di Universitas Sebelas Maret, dalam Jurnal Kajian Linguistik dan Sastra, Vol. 24, No. 2 Desember 2012:176-186.

Susanto, Gatot. (2007). Pengembangan Bahan Ajar BIPA Berdasarkan Kesalahan Bahasa Indonesia Pemelajar Asing, dalam Jurnal Bahasa dan Seni, Tahun 35, Nomor 2, Agustus 2007.

Suyitno, Imam. (2007). Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) Berdasarkan Hasil Analisis Kebutuhan Belajar, dalam Jurnal Wacana, Vol. 9 No. 1, April 2007 (62-78).

Downloads

Published

2024-02-04

How to Cite

Parancika, R. B. (2024). Kesalahan Berbahasa Indonesia Pada Mahasiswa Penutur Asing Di Indonesia Berdasarkan Studi Pendahuluan. HUMAN: Journal of Social Humanities and Science, 1(2), 87–93. https://doi.org/10.58738/human.v1i2.508